visitaaponce.com

Jabrix Expo 2024, Upaya Memajukan Ekonomi Digital di Indonesia

Jabrix Expo 2024, Upaya Memajukan Ekonomi Digital di Indonesia
Peserta Jawa Barat Internet Expo (Jabrix Expo) 2024 di Bandung(DOK/APJII JABAR)

ASOSIASI Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) Wilayah Jawa Barat telah menggelar Jawa Barat Internet Expo (JABRIX EXPO) 2024 : "Transforming The Way Your Connectivity".

Acara dilaksanakan pada di Gedung Graha Manggala Siliwangi Bandung, pada 30 April.

Ini merupakan acara Internet Expo pertama di Jawa Barat yang dibuat untuk menunjukan potensi konektivitas digital. Acara ini sebagai upaya membangun dan mengembangkan usahan, serta meningkatkan peran serta APJII khususnya Wilayah Jawa Barat di masyarakat luas pada umumnya.

Baca juga : Perjalanan 62 Tahun bank bjb Berkontribusi dan Mengakselerasi Ekonomi

Ketua Badan Pengurus Wilayah APJII Jawa Barat Ageng Bagja Priyadi menyampaikan Jabrix Expo digelar dengan komitmen untuk terus mendorong kemajuan ekonomi digital Indonesia. Kolaborasi dibangun dengan berbagai perusahaan di sektor industri digital.

"Kami senantiasa berupaya untuk terus mengembangkan perusahaan penyedia jasa internet khususnya milik Anggota APJII Wilayah Jawa Barat dalam membangun Industri Teknologi yang semakin maju," tambahnya.

Pada 2023 total Anggota APJII Jabar ada 212 perusahaan provider. Sementara pada Maret 2024, Anggota APJII Jabar sudah berjumlah 300 perusahaan provider.

Baca juga : UP Gelar Pelatihan Kewirausahaan dan Ekonomi Digital untuk UMKM

Dalam 1 tahun ada pertambahan 88 perusahaan provider yang menjadi Anggota baru APJII Jabar. Perkembangan itu merupakan suatu dampak positif dan juga menjadi salah satu faktor dalam pengembangan ekonomi digital di Indonesia.

"Sudah menjadi tugas kami untuk tetap terus menjaga agar semua anggota APJII Jabar dapat saling bersinergi untuk terus berkembang" tambah Ageng Bagja.

Dalam Jabrix Expo 2024 terdapat berbagai rangkaian kegiatan yaitu Internet Exo, Rapat Kerja Wilayah (Rakerwil) APJII Jabar 2024, Seminar Cyber Security dan Seminar Profil Pengguna Internet 2024 di Jawa Barat.

Baca juga :  Masyarakat Harus Menerima dan Beradaptasi pada Transformasi Digital

Dalam kegiatan tersebut APJII Jabar juga mengajak Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) untuk menjadi pemateri dalam Acara Seminar Cyber Security. Ini menjadi pusat perhatian Anggota APJII Jabar mengingat maraknya kasus cyber crime akhir-akhir ini.

Ketua Umum APJII Muhammad Arif menambahkan APJII sudah melakukan nota kesepahaman atau MoU dengan Starlink. Ini upaya untuk membuka bisnis baru bagi para penyedia jasa internet.

"Tidak ada yang perlu dikhawatirkan dengan langkah ini. Teknologi yang akan dihadirkan ini nantinya akan menjadi pelengkap bagi rekan-rekan APJII," jelasnya.

Baca juga : Digitalisasi Tingkatkan Potensi Pendapatan Daerah

Acara ini sukses digelar dengan menggaet beberapa perusahaan penyedia jasa teknologi dan internet antara lain Huawei, Telkom, IFORTE, dan TP-Link Indonesia. Ini adalah bentuk kolaborasi yang lengkap dalam memperkenalkan industri internet kepada massyarakat.

"Kami harap acara ini menjadi langkah awal APJII Jawa Barat dalam memberikan manfaat serta peluang kerja sama bagi anggota APJII Jabar serta seluruh partisipan yang hadir dalam rangkaian Jabrix Expo," tandas Ageng Bagja.

Jabrix Expo 2024 juga dihadiri oleh Diskominfo Kota Subang, Diskominfo Tasikmalaya, Ketua Umum APJII, Dewan Pengawas APJII, Badan Pengurus Pusat APJII, Ketua Badan Pengurus WIlayah APJII Kepulauan Riau dan DKI, serta 736 peserta umum.

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Sugeng

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat