visitaaponce.com

Setelah Lima Tahun, Penyintas Bencana Alam Sigi Terima Sertifikat Tanah

Setelah Lima Tahun, Penyintas Bencana Alam Sigi Terima Sertifikat Tanah
Ilustrasi warga menerima sertifikat tanah.(Dok Antara)

PEMERINTAH Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, akhirnya menyerahkan sertifikat tanah kepada penyintas bencana alam yang tinggal di Hunian Tetap (Huntap) kabupaten itu setelah penantian panjang.

Wakil Bupati Sigi, Samuel Yansen Pongi mengatakan, 43 sertifikat tanah tersebut langsung diberikan kepada warga yang merupakan korban gempa bumi dan likuifaksi Sigi.

"Kita bersyukur penyerahannya sudah dilakukan di Huntap Pembewe, Desa Pombewe, Kecamatan Sigi Biromaru akhir bulan kemarin," terangnya, Kamis (8/2).

Baca juga : Banjir Terjang Sigi, Kemensos Gelontorkan Bantuan Senilai Rp878 Juta

Menurut Samuel, penyerahan sertifikat tanah itu merupakan upaya pemerintah untuk memberikan kepastian hukum kepada masyarakat terkait kepemilikan tanah tempat tinggal mereka.

"Sehingga mereka yang tinggal di huntap bisa lebih tenang karena sudah ada kepastian hukum," ungkapnya.

Samuel menjelaskan, dengan adanya sertifikat tersebut warga yang tinggal di huntap dapat lebih aman, dan memiliki jaminan hukum terhadap tanah yang dihuni.

Baca juga : Tiga Tersangka Penambangan Emas Ilegal TN Lore Lindu Lakukan Perlawanan

"Tentu kami berharap ini turut berdampak positif pada peningkatan kualitas hidup masyarakat dan penguatan ekonomi lokal di lingkungan huntap," ujarnya.

Samuel menambahkan, bahwa pemerintahan yang dipimpinnya berkomitmen dalam mewujudkan pemerataan akses terhadap kepemilikan tanah yang sah kepada warganya.

"Kami tidak mau mengabaikan kepentingan masyarakat. Oleh karena itu semua penyintas di huntap Pombewe harus memiliki sertifikat," imbuhnya.

Baca juga : Sigi Bagikan 500 Telur Ayam kepada Anak yang Rentan Stunting

Sementara itu, salah satu penyintas penerima sertifikat Amat Rais mengaku, sudah lega seusai memiliki sertifikat."Tadinya kami ragu-ragu tinggal tanpa kepastian hukum di huntap. Tapi alhamdulillah setelah terima sertifikat bisa lebih tenang lah," tandasnya.

(Z-9)

 

Baca juga : Tengkes di Sigi Mencapai 40,7 Persen, Pemerintah Fokuskan Penanganan

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat