visitaaponce.com

Ini 5 Destinasi Favorit Selama Libur Lebaran

Ini 5 Destinasi Favorit Selama Libur Lebaran
Sejumlah wisatawan memadati kawasan pantai Pangandaran kala libur Lebaran 2023.(ANTARA/Adeng Bustomi)

MENJELANG libur Idul fitri 1445 H, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) mengungkapkan sederet destinasi wisata favorit wisatawan. Deputi Bidang Kebijakan Strategis Kemenparekraf/Baparekraf Dessy Ruhati menyebut seluruh destinasi teratas masih dikuasai destinasi wisata yang terletak di Pulau Jawa.

“Pada momen lebaran ini, kami perkirakan preferensi berwisata ada pada beberapa daya tarik wisata di antaranya pantai atau danau, pusat kuliner, pegunungan atau agrowisata, hingga taman rekreasi atau kebun binatang,” ujar Dessy dalam keterangan resmi, Senin (1/4).

Berdasarkan data Kemenparekraf, Candi Borobudur hingga kawasan Bromo masuk dalam destinasi favorit pelancong. Diperkirakan para wisatawan akan menghabiskan liburan sekitar 2-4 hari di kawasan tersebut, dan didominasi oleh wisatawan kelompok keluarga.

Baca juga : Puluhan Ribu Orang Padati TMII di H+1 Lebaran

Dessy menyebut, banyak para wisatawan akan memanfaatkan hotel-hotel atau villa di daerah setempat sebagai lokasi istirahat para pengunjung.

“Top 3 pelaku perjalanan dari wilayah Jawa Timur, Jabodetabek, dan Jawa Tengah. Berdasarkan data, mereka kemungkinan akan menggunakan 4 moda utama yaitu kereta api, bus, mobil pribadi dan sepeda motor,” ujar Dessy.

Adapun 5 destinasi favorit libur Lebaran versi Kemenparekraf adalah:

1. Malioboro

ANTARA/Hendra Nurdiyansyah

Baca juga : Ini Rekomendasi Tempat Wisata Lebaran di Sekitar Jakarta

Malioboro diprediksi menjadi destinasi wisata yang akan ramai dikunjungi wisatawan pada libur lebaran tahun ini. 

Salah satu jalan yang terletak di Yogyakarta itu memang telah lama menjadi lokasi berkumpulnya banyak wisatawan terkhusus para muda-mudi yang ingin menghabiskan waktu untuk berburu pakaian hingga kuliner khas Yogyakarta.

Pengalaman berjalan kaki sepanjang jalan Malioboro, terkhususnya di malam hari, menjadi kesan tersendiri bagi paraa pelancong, karena di sepanjang jalan Malioboro, mereka bakal disajikan keindahan jalan yang kental dengan arsitektur Jawa.

Baca juga : Bapanas Upayakan Perpanjang Masa Stok Pangan Jelang Lebaran

2. Candi Borobudur

ANTARA/Anis Efizudin

Buat wisatawan yang berkunjung ke wilayah Magelang, Yogyakarta, dan sekitarnya, khususnya pada libur Idul Fitri, rasanya belum afdol bila tidak mengunjungi Candi Borobudur. Karenanya, tidak heran bila Kemenparekraf kembali memasukan Borobudur sebagai destinasi favorit wisatawan untuk lebaran tahun ini.

Cagar Budaya yang masuk ke dalam tujuh keajaiban dunia itu selalu memiliki daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Selain kemegahan bangunan candi, keindahan alam yang dapat pengunjung lihat dari puncak Borobudur. Di sana, para wisatawan tentunya dapat belajar banyak tentang kebudayaan Indonesia.

Baca juga : Ini Aplikasi yang akan Mempermudah Perjalanan Mudik Anda

3. Ciwidey

ANTARA/Andri Saputra

Bergeser ke wilayah Jawa Barat, kawasan Ciwidey terpilih sebagai destinasi favorit wisatawan versi Kemenparekraf. 

Terletak di dataran tinggi, dengan keindahan pemandangan yang luar biasa dan udara yang sejuk, rasanya tidak heran bila Ciwidey akan kembali ramai dikunjungi wisatawan pada libur lebaran kali ini.

Baca juga : Injourney Group Optimalkan Layanan di Momen Angkutan Lebaran 2024

Di kawasan Ciwidey, para pelancong dapat mengunjungi sejumlah tempat wisata seperti Kawah Putih yang menjadi ikon wisata Ciwidey. Kemudian ada Situ Patenggang, sebuah danau di terletak di ketinggian 1.628 di atas permukaan laut, Kawah Rengganis, hingga perkebunan teh rancabali yang menampilkan keindahan kebun teh.

4. Bromo

ANTARA/Anis Efizudin

Destinasi pegunungan atau agrowisata yang juga tidak pernah sepi pengunjung setiap momen lebaran adalah kawasan Bromo, Jawa Timur. Gunung berapi aktif di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru itu memang punya pemandangan dan suasana yang menakjubkan, dengan hamparan kawah yang luas serta kabut yang menyejukkan.

Baca juga : Perputaran Uang Diperkirakan Capai Rp157,3 Triliun di Lebaran Tahun Ini

Sejumlah aktivitas bisa dilakukan wisatawan di kawasan Bromo, termasuk mendaki ke puncak Bromo, mencoba sensasi berpetualang dengan mobil jip, menyusuri eksotisme padang pasir, berburu sunrise di bukit Cinta dan bukit Mentigen hingga bisa melakukan aktivitas bermalam di bawah taburan bintang-bintang dengan camping di Ranu Kumbolo.

5. Pantai Pangandaran

ANTARA/Adeng Bustomi

Buat Anda yang mencintai wisata pantai, kawasan Pangandaran di Jawa Barat menjadi salah satu destinasi wisata yang patut dikunjungi. Memiliki keindahan pantai yang eksotis, tak heran bila kawasan tersebut menjadi destinasi favorit para pelancong.

Baca juga : Bank Indonesia Siapkan Uang Tunai Rp197,6 T untuk Ditukarkan Jelang Lebaran 2024

Selain tentunya bisa berenang dengan leluasa di bibir pantai Pangandaran, sejumlah aktivitas lain juga bisa kamu lakukan di sana seperti menyaksikan keindahan matahari terbit, mencoba berbagai wahana permainan air, hingga berkunjung ke wisata cagar alam Pangandaran.

Jika berkunjung ke Pantai Pangandaran, jangan lupa untuk berwisata ke pantai pasir putih Pangandaran. Dengan akses yang terbatas untuk bisa mencapai ke sana, hal itu membuat kawasan tersebut tidak ramai dikunjungi wisatawan. 

Di sana kamu akan merasakan suasana pantai yang tenang dan dapat melihat kemegahan bangkai kapal Viking Lagos yang terletak di bibir pantai. (Z-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat