visitaaponce.com

1.200 Orang Hadiri Peringatan 125 Tahun Kongres Zionis Pertama

1.200 Orang Hadiri Peringatan 125 Tahun Kongres Zionis Pertama
Kelompok anti-Zionis berbaris dalam protes balasan terhadap demonstrasi menentang Es Krim Ben & Jerry di Perpustakaan Umum New York.(AFP/Michael M. Santiago.)

PARA undangan berkumpul di Basel pada Minggu (28/8) untuk memperingati 125 tahun Kongres Zionis Pertama di kota Swiss itu. Maklum, kongres itulah yang membuka jalan menuju pembentukan Negara Israel.

Presiden Israel Isaac Herzog akan memberikan pidato utama di suatu gala pada Senin (29/8) di Stadtcasino yang bersejarah. Di situlah Theodor Herzl mengadakan kongres pertama dari 29-31 Agustus 1897.

Acara peringatan dua hari, yang diselenggarakan oleh Organisasi Zionis Dunia (WZO), dimulai Minggu dengan resepsi, pembukaan pleno, dan makan malam. Sekitar 1.200 orang diperkirakan hadir.

Kongres Zionis Pertama, "Ialah acara formatif bagi orang-orang Yahudi dan bagi umat manusia pada umumnya," ujar Herzog yang tiba di Swiss pada Senin dalam suatu pernyataan sebelum kunjungannya. "Zionisme adalah kombinasi ideal dari akar terdalam Yudaisme dengan inovasi inovatif dan semangat kewirausahaan. Sebagai presiden negara-bangsa orang-orang Yahudi, saya tercengang dan bangga setiap hari melihat visi Herzl menjadi nyata di depan mata kita."

Baca juga: Kepala Intelijen Israel akan Temui Pejabat AS tentang Kesepakatan Iran

Istilah Zionis dan Zionisme berkembang pada akhir abad ke-19 untuk merujuk pada aspirasi orang-orang Yahudi yang diasingkan, tersebar, dan dianiaya untuk memiliki tanah air mereka sendiri yang merdeka. Ini memiliki ekspresi politik pertama dalam pamflet 1896 berjudul Negara Orang Yahudi oleh jurnalis dan penulis Austro-Hungaria Herzl.

Setahun kemudian, Kongres Zionis Pertama diadakan yang menyatakan bahwa tujuan Zionisme yaitu menciptakan rumah bagi orang-orang Yahudi di Palestina. Negara Israel didirikan pada 1948.

"Banyak dari kita dilahirkan dalam realitas Negara Israel yang ada sebagai entitas yang berdaulat, kuat, Yahudi, dan berbasis nilai. Namun bagi lima generasi sebelumnya, itu mimpi yang jauh," kata ketua WZO Yaakov Hagoel. "Dari tempat tradisi, budaya, dan bahasa Yahudi bertemu, orang-orang Israel terbangun dari pengasingan selama dua ribu tahun dan bersatu dari setiap sudut bumi untuk akhirnya kembali ke rumah. Saya senang merayakan bersama Anda tentang peristiwa penting ini."

Baca juga: Media Saudi: F-35 Israel Tembus Wilayah Iran Beberapa Kali dalam Dua Bulan

Konferensi ulang tahun berkeamanan tinggi di Basel itu akan membahas pendekatan modern terhadap Zionisme dan fokus pada topik-topik termasuk hubungan Israel-diaspora, pemenuhan cita-cita Zionis, dan menghadapi masa depan. Sekitar 300 pengunjuk rasa berkumpul pada Minggu di dekat stasiun kereta api Basel, kantor berita Swiss ATS melaporkan. Banyak yang membawa bendera Palestina dan berbaris di belakang spanduk bertuliskan, "Bebaskan Palestina, Tanpa Kongres Zionis." (AFP/OL-14)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat