visitaaponce.com

100 Pelajar Jadi Duta Integritas Antikorupsi di Jawa Barat

100 Pelajar Jadi Duta Integritas Antikorupsi di Jawa Barat
Pelantikan Duta Integritas Jawa Barat di Sumedang(DOK/KOMINFO JABAR)


PEMERINTAH Provinsi Jawa Barat berupaya menanamkan sikap antikorupsi sejak dini. Salah satunya dengan mengangkat duta integritas dari kalangan zilenial.

Sebanyak 100 duta integritas dilantik, Minggu (12/11), di Bumi Perkemahan Kiarapayung, Kabupaten Sumedang. Penjabat Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin meminta para duta menjadi role model bagi remaja yang lain untuk sama-sama mencegah bibit korupsi berkembang sejak dini.

"Korupsi merupakan kejahatan luar biasa yang merusak sendi kehidupan bangsa, membuat bangkrut negara, dan menyengsarakan rakyat. Korupsi juga memperlambat kemajuan dan menghambat pemerataan pembangunan. Karena itu korupsi harus diberantas sejak dini sampai ke akar - akarnya," ujarnya.

Dia mengajak generasi muda untuk menempatkan korupsi sebagai extraordinary crime yang harus diberantas hingga akarnya.

Diketahui Indeks Persepsi Korupsi Indonesia mencapai angka 34 poin pada 2023 atau turun sebesar 4 poin dari tahun sebelumnya. "Hal ini harus disikapi secara serius oleh berbagai pihak, tidak hanya pemerintah, tetapi juga seluruh komponen bangsa, termasuk generasi muda," papar Bey.

Untuk itu, dia mengajak duta integritas yang seluruhnya masih duduk di bangku SMA, untuk menerapkan integritas bukan cuma sekadar kata tetapi suatu sikap hidup yang tercermin dalam tindakan sehari-hari.

"Jangan terpengaruh untuk menyenangkan teman, orangtua, guru, dengan kebohongan. Tapi katakanlah apa yang sebenarnya, katakan dengan cara yang baik," ungkapnya.

Dia mengingatkan para duta tidak terpengaruh untuk menyenangkan teman, orangtua, guru, dengan kebohongan.

Bey yakin Duta Integritas yang dikukuhkan memiliki sikap jujur yang tinggi sehingga memiliki kualifikasi untuk mengemban tugas khusus memimpin kawan-kawan seumuran mencegah bibit korupsi berkembang jadi kebiasaan. "Saya yakin semua yang terpilih hari ini merupakan generasi muda yang berkomitmen tinggi terhadap nilai integritas dan kejujuran." (SG)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Sugeng

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat