visitaaponce.com

Antisipasi Cacar Monyet, RSUD Sayang Cianjur Siapkan Tiga Ruang Isolasi

Antisipasi Cacar Monyet, RSUD Sayang Cianjur Siapkan Tiga Ruang Isolasi
Ilustrasi.(ANTARA/SULTHONY HASANUDDIN )

RSUD Sayang Cianjur, Jawa Barat, masih tetap mewaspadai penyebaran cacar monyet. Rumah sakit plat merah itu sudah menyiapkan ruang isolasi seandainya ditemukan pasien terindikasi penyakit tersebut.

Pelaksana tugas (Plt) Direktur Utama RSUD Sayang Cianjur, Irvan Nur Fauzy, mengaku sudah menyosialisasikan gejala-gejala pasien yang terindikasi terpapar cacar monyet. Di rumah sakit sudah disiapkan tiga ruang isolasi.

"Masing-masing ruangan disiapkan dua tempat tidur. Mudah-mudah sih tak terpakai," kata Irvan, Senin (27/11).

Irvan menyebutkan surat edaran antisipasi penyebaran cacar monyet sudah disebar ke setiap puskesmas. Irvan mengimbau masyarakat jangan panik dengan penyakit tersebut.

"Kalaupun ada yang terindikasi, kami harapkan cepat melapor. Bisa misalnya menghubungi call center Dinas Kesehatan Kabupaten Cianjur di nomor 119 atau call center rumah sakit juga bisa," ujar Irvan yang juga Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Cianjur.

Baca juga:

Pasien Cacar Monyet Meninggal Karena Komorbid Berat

Cacar Monyet Bisa Menular Melalui Percikan Ludah

Penularan cacar monyet salah satunya melalui aktivitas seksual. Sejauh informasi yang diterimanya, penularan cacar monyet bukan akibat HIV/AIDS.

"Tapi belum misalnya ditemukan berhubungan dengan HIV. Tapi kalau aktivitas seksualnya iya (penyebab penularan)," jelasnya.

Kontak erat itu, lanjut Irvan, misalnya dengan orang-orang terdekat, seperti ibu dan anak atau suami dan istri. Artinya, kontak erat bukan berarti berhubungan secara seksual.

"Jadi, kontak erat itu bukan berarti sexual transmission diseases yang murni. Kalau HIV kan sexsual transmission diseases. Kalau ini kan (cacar monyet) bukan digolongkan ke itu (sexsual transmission diseases)," pungkasnya. (Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat