visitaaponce.com

Perangkat Desa se-Bekasi Ikuti Bimbingan Teknis dan Bela Negara di Lembang

Perangkat Desa se-Bekasi Ikuti Bimbingan Teknis dan Bela Negara di Lembang
Para kepala desa se-Kabupaten Bekasi mengikuti Bimbingan Teknis dan Bela Negara di Lembang, Kabupaten Bandung Barat(DOK/PEMKAB BEKASI)

DINAS Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Bekasi menggelar Bimbingan Teknik dan Bela Negara Aparatur Kepala Desa dan perangkat desa di wilayahnya, 13-16 Desember.

Kegiatan digelar di Dodik Rindam III/Siliwangi, Lembang, Kabupaten Bandung. Bimbingan teknis digelar sebagai upaya menumbuhkan rasa cinta Tanah Air dan peduli terhadap lingkungan.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Bekasi Rahmat Atong mengatakan, tujuan kegiatan tersebut adalah untuk meningkatkan wawasan Nusantara, menumbuhkan rasa cinta Tanah Air dan bela negara bagi aparatur desa. Pasalnya, saat ini di wilayah Bekasi, masih banyak terjadi kondisi yang memprihatinkan.

“Dari sisi penyakit masyarakat, banyak kejadian-kejadian kriminal dan masih terus terjadi. Untuk itu dari pemerintahan desa kita awali untuk bisa memberikan satu wawasan dalam bentuk wawasan Tanah Air. Tujuannya agar aparatur desa responsif dan peduli terhadap lingkungan. Ini bentuk bimbingan teknis yang kita selengarakan,” jelas Rahmat.

Ia mengatakan, kegiatan ini sangat bermanfaat. Selain memberikan pemahaman rasa cinta Tanah air, para aparatur kepala desa juga diberikan wawasan bagaimana cara bercocok tanam yang baik, dan pengetahuan tanam yang layak diterapkan di wilayah Bekasi.

“Ke depan kegiatan ini akan kita tambahkan dengan berbagai kegiatan yang positif. Lebih khusus tentang pemanfaatan anggaran desa untuk menyejahterakan masyarakat,” tambah dia.

Pada kesempatan yang sama Sekjen Asosiasi Pemerintah Desa Indonesia (Apdesi) Kabupaten Bekasi Mulyana Saiful mengatakan kegiatan tersebut mendapat sambutan positif dari para kepala desa. Selain meningkatkan wawasan bela negara, juga memberi pelatihan terkait ketahanan pangan.

“Pelatihan ini sangat bermanfaat bagi para peserta,” tandasnya.

Dia menambahkan, target pelatihan ialah semua aparatur kepala desa se Kabupaten Bekasi. Tujuannya agar ada pemerataan pengetahuan, wawasan cinta Tanah Air dan bela negara, terutama pelatihan ketahanan pangan yang nantinya bakal diterapkan di Kabupaten Bekasi.

Sementara Ketua Forum Siskeudes Aris Budiono berharap dapat menerapkan pengetahuan maupun wawasan yang didapat pada Bimtek dan Bela Negara ini di wilayahnya masing-masing.

“Kami berharap bisa mengimplentasikan hasil-hasil yang didapat di Lembang ini,” pungkasnya. (SG)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Sugeng

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat