visitaaponce.com

Mobilitas Wisatawan dan Pemudik Jelang Libur Nataru masih Landai

Mobilitas Wisatawan dan Pemudik Jelang Libur Nataru masih Landai
Situasi lalu-lintas pada akhir pekan di Puncak, Cianjur(MI/BENNY BASTIANDY)

VOLUME kendaraan wisatawan maupun pemudik yang melintasi wilayah
hukum Polres Cianjur menghadapi libur Natal 2023 relatif masih
landai. Diperkirakan peningkatan mobilitasnya akan terjadi pada H-1
Natal atau pada Minggu (24/12).

Kasatlantas Polres Cianjur Ajun Komisaris Adhi Prasidya menjelaskan,  sampai saat ini belum terjadi lonjakan volume kendaraan wisatawan maupun pemudik. Namun, di wilayah hukum Polres Bogor peningkatannya sudah terpantau meningkat.

"Kalau di Cianjur belum ada. Kalau di wilayah Kabupaten Bogor sudah karena kami sering berkoordinasi dengan Kasatlantas Polres Bogor," katanya, Kamis (21/12).

Ada beberapa akses utama keluar-masuk kendaraan di wilayah Cianjur, seperti kawasan Puncak (Cipanas), Haurwangi, serta Gekbrong. Ditambah juga jalur alternatif di antaranya Jonggol-Cikalongkulon.

"Kemungkinan saat malam Natal dan malam Tahun Baru terjadi peningkatan volume kendaraan atau pada H-1 Natal dan H-1 Tahun Baru," terangnya.

Lulusan Akademi Kepolisian (Akpol) 2015 itu menyebutkan terus berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan Kabupaten Cianjur untuk memantau progres peningkatan volume kendaraan.

"Kita berkoordinasi dengan Dishub. Kami juga masih proses penyambangan ke hotel-hotel untuk mengetahui berapa jumlah pengunjung yang sudah memesan kamar," ujarnya.

Tim pengurai

Adhi mengaku membentuk dua tim pengurai yang akan ditempatkan di
titik-titik rawan kemacetan menghadapi libur Nataru. Tim pengurai tersebut akan difokuskan di Puncak yang berbatasan dengan Bogor serta Ciranjang yang berbatasan dengan Bandung.

"Ada tiga titik kerawanan, yakni Pasar Cipanas, Ciranjang, dan Gekbrong. Fokus kita di tiga titik ini. Kemudian kita sudah punya tim urai. Kita buat dua tim. Fokusnya di Puncak dan Ciranjang. Untuk di Gekbrong kita melihat situasi. Kalau misalnya yang padat di Gekbrong, kita geser ke Gekbrong," pungkasnya. (SG)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Sugeng

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat