visitaaponce.com

PDAM Tirtawening Ajukan Hibah untuk 21 Ribu Rumah Tangga

PDAM Tirtawening Ajukan Hibah untuk 21 Ribu Rumah Tangga
Situ Cileunca, Pangalengan, Kabupaten Bandung, salah satu pemasok air baku untuk PDAM Tirtawening Kota Bandung( ANTARA FOTO/Novrian Arbi)

PDAM Tirtawening Kota Bandung tengah mengajukan hibah ke Presiden untuk pemasangan jaringan air bersih gratis bagi 21.000 rumah tangga di wilayah Bandung Timur. Ini merupakan upaya pemerintah memberikan pelayanan air bersih kepada masyarakat.

"Kebijakan ini merupakan bagian dari program Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Gedebage yang berada di kawasan Bandung Timur. Pemasangan air bersih ini merupakan dana hibah dari Presiden Joko Widodo, karena presiden ingin semua warga menikmati air bersih," kata Direktur Utama Perumda Tirtawening Kota Bandung, Sonny Salimi, Senin (1/1).

Saat ini, lanjut dia, ajuan tersebut telah selesai pada tahap
administrasi dan selanjutnya menuju tahap verifikasi oleh pemerintah
pusat. Nantinya, bagi para penerima hibah akan mendapatkan sambungan pemasangan air bersih secara gratis. Pelanggan hanya akan dibebani biaya administrasi sebesar Rp250.000 saja.

Kota Bandung menjadi salah satu kota yang akan mendapatkan program hibah tersebut, karena telah memiliki instalasi air bersih namun belum terserap.

"Salah satu persyaratan hibah pemasangan air bersih, yakni memiliki idol capacity atau telah memiliki instalasi air bersih namun belum terserap. Saya berharap seluruh ajuan hibah tersebut dapat terealisasi seluruhnya, sehingga SPAM Gedebage dapat dirasakan manfaatnya secara maksimal oleh Masyarakat," bebernya.

Menurut Sonny, instalasi pengolahan air Cikalong merupakan sumber air
untuk SPAM Gedebage telah rampung dibangun. Hingga kini menunggu proses
untuk pengaliran airnya.

SPAM Gedebage ini bisa melayani 31.000 pelanggan. Saat ini pelanggan lama ada 10 ribu, sisanya 21 ribu untuk pelanggan baru. Namun, warga yang mendaftar baru 3.000 rumah. Untuk uji coba akan dilakukan pada Januari hingga Februari.

"Sumber air SPAM Gedebage berasal dari Saguling. Kita harap 100% terlayani air bersih. Meskipun masih ada kendala dan keluhan warga
karena air belum mengalir 24 jam, kita terus upayakan memperbaikinya,"
pungkasnya.

Di luar itu, Sonny mengatakan, bagi masyarakat yang ingin memperoleh
layanan air bersih bisa segera mendaftarakan diri. Pasalnya, pipa sudah
terpasang tinggal menunggu aliran air.

Kepada pelanggan di wilayah barat tidak perlu khawatir, pasalnya air dari Cikalong terbagi ke wilayah timur, karena aliran air akan ditambah dari Saguling. (SG)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Sugeng

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat