visitaaponce.com

Pupuk Indonesia Gelar Gebyar Diskon Pupuk di Tasikmalaya

Pupuk Indonesia Gelar Gebyar Diskon Pupuk di Tasikmalaya
PT Pupuk Indonesia menggelar Gebyar Diskon Pupuk di Tasikmalaya(MI/KRISTIADI)

PERTANIAN merupakan sektor yang memiliki kontribusi besar bagi perekonomian Indonesia. Keberhasilan sektor tidak terlepas dari jasa para petani yang telah bekerja keras mendukung ketahanan pangan nasional.

"Guna menjaga kontribusi sektor pertanian tersebut, pemerintah terus menjaga ketersediaan pupuk baik subsidi maupun nonsubsidi," ungkap Direktur Operasi dan Produksi Pupuk Kujang, Robert Sarjaka, di Tasikmalaya, Kamis (25/1).

Menurut dia, pemerintah menjamin ketersediaan pupuk nonsubsidi melalui Pupuk Indonesia. Pihaknya memastikan ketersediaan pupuk di seluruh Indonesia baik itu pupuk bersubsidi maupun nonsubsidi.

Pemerintah, lanjutnya, mempermudah mekanisme penebusan pupuk bersubsidi hanya dengan Kartu Tanda Penduduk (KTP). Kebijakan itu diharapkan bisa dimanfaatkan oleh seluruh petani dalam memenuhi kebutuhan pupuk.

"Pemerintah membantu memperoleh pupuk dengan mudah guna mendukung program percepatan musim tanam pada awal 2024. Namun, untuk menjaga ketersediaan pupuk, Pemerintah dalam hal ini Kementerian BUMN dan Kementerian Pertanian melalui Pupuk Indonesia menggelar program gebyar diskon pupuk di berbagai kota dan kabupaten selama bulan Januari hingga Februari 2024," katanya di Gudang Lini 3 pupuk Indonesia, Kecamatan Cibeureum, Kota Tasikmalaya.

Ia mengatakan, selama musim tanam tahun ini pemerintah telah melakukan berbagai upaya dukungan bagi para petani agar bisa mendapatkan hasil yang optimal di musim panen. Di antaranya melalui program gebyar diskon pupuk nonsubsidi 40% yang diselenggarakan Pupuk Indonesia.

Program itu digelar bekerja sama dengan pemerintah, di berbagai kota selama Januari hingga Februari 2024.

"Melalui program subsidi pupuk setiap tahun dialokasikan anggaran sebesar Rp25 triliun. Pada 2024, pemerintah berencana menambah alokasi subsidi pupuk sebesar Rp14 triliun agar semakin banyak petani yang mendapat pupuk bersubsidi," ujar Robert.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Tasikmalaya, Tatang Wahyudin mengatakan, ketersediaan pupuk nonsubsidi yang dilakukan oleh pupuk Indonesia sangat membantu petani.

"Gebyar diskon 40% pupuk nonsubsidi bagi petani di Tasikmalaya membantu terutama dalam musim tanam. Pupuk subsidi sangat terbatas dan adanya diskon ini bisa mendorong petani meningkatkan ketahanan pangan," tandasnya.

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Sugeng

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat