visitaaponce.com

Masjid Nusantara Targetkan Membangun 30 Masjid di Pelosok Indonesia Tahun ini

Masjid Nusantara Targetkan Membangun 30 Masjid di Pelosok Indonesia Tahun ini
Masjid Nusantara meluncurkan kampanye #MulaiDariMasjid untuk menggiatkan pembangunan masjid di wilayah pelosok Indonesia(MI/SUGENG SUMARIYADI)

TAHUN ini, Masjid Nusantara menargetkan pembangunan 30 masjid di seluruh Indonesia, terutama di wilayah pelosok dan Indonesia Timur. Tahun lalu, lembaga ini sudah menuntaskan pembangunan 24 masjid.

"Kami masih mengutamakan pembangunan masjid di wilayah muslim minoritas. Pasalnya, di wilayah dengan jumlah muslim minoritas, sulit mengumpulkan donasi untuk membangun masjid," ungkap CEO Masjid Nusantara Pras Purworo, di Bandung, Jumat (23/2).

Daerah yang membutuhkan masjid masih terkonsentrasi di wilayah Indonesia timur dan sebagian Sumatra Utara. Masjid Nusantara yang berdiri sejak 2012, mulai membangun masjid di pelosok Indonesia sejak 2013.

Baca juga : Pj Gubernur Sulbar Tinjau Pembangunan Masjid Cheng Ho di Pasangkayu

Pada peringatan satu dekade kiprah Masjid Nusantara itu, Pras menambahkan, lembaganya berdiri dan bergerak berdasarkan keprihatinan atas kondisi masjid Indonesia.

"Dewan Masjid Indonesia menyatakan jumlah masjid dan musala di Indonesia merupakan yang terbanyak di dunia. Jumlahnya mencapai 800 ribuan," tambahnya.

Namun, tidak semua masjid dalam kondisi baik. Selain itu, banyak juga masyarakat di wilayah pelosok Indonesia yang tidak mampu membangun dan memiliki masjid.

Baca juga : Ganjar Bangun Masjid Agung Jateng di Magelang Sebagai Simbol Kerukunan

Untuk itu, tambah Pras, Masjid Nusantara hadir. Selama satu dekade beroperasi bersama rekanan dan donatur, Masjid Nusantara sudah membangun 202 masjid.

Mereka juga merenovasi 1.500-an masjid, mambangun 1.276 toilet dan tempat wudhu. "Masjid Nusantara juga menyumbang 18.165 gulung karpet untuk masjid. Pendanaan Masjid Nusantara juga total menyentuh 160.278 penerima manfaat.

Pras menambahkan selama 10 tahun berkiprah, Masjid Nusantara telah melakukan audit, dengan status 10 kali wajar tanpa pengecualian. Sampai saat ini, lembaga ini sudah berkiprah di 82 kabupaten dan kota di 22 provinsi.

Baca juga : Ganjar Targetkan Pembangunan Masjid Agung Jawa Tengah Rampung Akhir 2023

"Masjid Nusantara mendapat dukungan dari 53 ribu donatur dan 24 mitra korporasi serta komunitas. Kami memiliki jejaring di 22 kota," jelasnya.

Tahun ini, Masjid Nusantara meluncurkan logo baru. Mereka juga meluncurkan semangat dan kampanye baru, yakni #MulaiDariMasjid.

"Kampanye ini merupakan inisiatif yang mendorong individu dan komunitas muslim untuk memulai perubahan positif dalam hidup mereka dari masjid. Masjid menjadi pusat spiritual dan kegiatan," tambah Pras.

Tujuan utama kampanye ini, lanjut dia, ialah mengajak orang untuk meresapi nilai keagamaan, moral dan sosial yang diajarkan di masjid. "Kami mengajak kaum Muslim mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari," tandasnya.

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Sugeng

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat