visitaaponce.com

Dinas Pendidikan Purwakarta Tolak Anggaran Makan Siang Diambil dari Dana BOS

Dinas Pendidikan Purwakarta Tolak Anggaran Makan Siang Diambil dari Dana BOS
Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Purwakarta, Purwanto dengan tegas menyatakan jika program makan siang bukan merupakan bagian dari BOS(MI/Reza)

DINAS Pendidikan Kabupaten Purwakarta menolak anggaran makan siang yang digaungkan kubu 02 diambil dari dana BOS. Pasalnya BOS merupakan operasional Sekolah sedangkan Makan siang bukan bagian dari operasional sekolah.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Purwakarta, Purwanto dengan tegas menyatakan jika program makan siang bukan merupakan bagian dari operasional sekolah.

"Bisa saja anggarannya seperti BOS yaitu anggaran ditransfer oleh pemerintah pusat ke rekening sekolah sekolah tapi peruntukannya khusus untuk makan siang ini saya rasa masuk akal," Kata Purwanto, Rabu (6/3).

Baca juga : Komisi X Khawatir Program Makan Siang Gratis Diimplementasikan Serampangan

Menurut Purwanto masih akan membahas mekanisme pengolahan dana makan siang yang masuk ke rekening sekolah. Apakah dana makan siang itu akan diserahkan ke orangtua murid untuk membuat makanan sesuai selera anak atau diserahkan ke UMKM untuk dikelola. 

"Saya rasa repot juga kalau sekolah harus masak juga," ungkap Purwanto.

Bila diserahkan ke pihak ketiga, kata Purwanto, dikhawatirkan terjadi kekurangan keuangan dari jumlah Rp15.000 karena kemungkinan harus ada keuntungan pihak tersebut.

Purwanto menyarankan anggaran makan siang tersebut ada baiknya nanti diserahkan kepada para orang tua. Hal itu dinilai  lebih efektif baik dari segi kualitas makanan sesuai selera anak maupun segi kuantitas.

"Biasanya kan orang tua ngasih makan anak itu dengan kualitas yang bagus sehingga akan ada ikatan kasih sayang antara orang tua dan anak karena saat orang tua memasak akan dimakan oleh anak berbeda jika di makanan oleh pihak lain karena anak belum tentu suka makanannya," pungkas Purwanto. (Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat