visitaaponce.com

Arus Mudik Lebaran, Jalan Alternatif di Cianjur Diperbaiki

Arus Mudik Lebaran, Jalan Alternatif di Cianjur Diperbaiki
Perbaikan jalur alternatif di wilayah Cianjur menjelang Idul Fitri(MI/BENNY BASTIANDY)

SEJUMLAH ruas jalan alternatif di Kabupaten Cianjur, bakal segera diperbaiki. Pasalnya, ruas-ruas jalan alternatif itu akan digunakan
para pemudik saat libur Idul Fitri 1445 Hijriyah.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Kabupaten Cianjur, Eri Rihandiar, menjelaskan perbaikan ruas jalan alternatif direncanakan mulai dikerjakan pekan depan. Namun perbaikannya pada spot-spot tertentu atau pada titik yang mengalami kerusakan parah.

"Intinya sih itu pemeliharaan. Insya Allah minggu-minggu depan sudah mulai diperbaiki," katanya, Rabu (20/3).

Baca juga : Kabupaten Cianjur Perbaiki Ruas Jalan Alternatif Jelang Libur Nataru

Sejauh ini baru ada dua jalur alternatif mudik yang direncanakan
diperbaiki. Kedua jalur tersebut kerap menjadi pilihan bagi para pemudik untuk menghindari kemacetan di jalur-jalur protokol.

"Pertama jalur Cikalongkulon-Sukaresmi yang akan menjadi jalan alternatif bagi pemudik di wilayah utara. Kemudian jalur KH Saleh atau Pasar Beas hingga Tungturunan di Kecamatan Sukaluyu. Ini akan digunakan bagi pemudik dari atau yang akan menuju ke Bandung," terangnya.

Eri menegaskan, hasil evaluasi setiap kali musim arus mudik Lebaran, dua titik tersebut yang menjadi jalur alternatif favorit para pemudik. Pada pelaksanaannya nanti, Dinas PUTR akan bekerja sama dengan Dinas
Perhubungan serta Satlantas Polres Cianjur.

Baca juga : Kemantapan Jalan di Cianjur Diperkirakan Capai 70% hingga Akhir Tahun

"Pasti, kami selalu koordinasi lintas sektoral," ungkap dia.

Soal dukungan sarana dan prasarana lain di jalur-jalur alternatif mudik, Eri mengaku secara teknis ada pada dinas lain. Misalnya soal keberadaan penerangan jalan umum (PJU) di jalur-jalur alternatif itu. "Kalau PJU itu ada di Dishub," tuturnya.

Eri berharap upaya perbaikan kondisi jalur alternatif bisa meningkatkan
kenyamanan bagi para pemudik saat Idul Fitri 1445 Hijriyah nanti. Terutama juga untuk meminimalkan tingkat kecelakaan yang disebabkan kerusakan kondisi infrastruktur jalan.

"Insya Allah, pada saatnya arus mudik nanti, kondisi jalan di jalur-jalur alternatif di Kabupaten Cianjur sudah layak dilintasi kendaraan pemudik," pungkasnya.

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Sugeng

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat