visitaaponce.com

Belajar Jadi Programmer Mulai dari SMP di Sekolah Yayasan Pendidikan Telkom Bandung

Belajar Jadi Programmer Mulai dari SMP di Sekolah Yayasan Pendidikan Telkom Bandung
Seorang siswa SMP belajar programmer(DOK/SMP TELKOM MAKASSAR)

PROFESI programmer komputer kini menjadi dambaan banyak orang. Apalagi dalam dunia yang sudah serba digital. Beruntung saat ini untuk menjadi seorang programmer tidak harus menunggu waktu lama.

Jika tahun-tahun sebelumnya mempelajari ilmu pemrograman baru bisa didapat di bangku kuliah, atau saat masuk Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Kini Yayasan Pendidikan Telkom, Bandung, sudah melaksanakannya di sejumlah sekolah tingkat SMP.

Salah satunya di SMP Telkom Makassar yang siap membantu para siswa yang kelak ingin menjadi seorang programmer profesional. Di sekolah ini ada mata pelajaran khusus yang diberikan yaitu, Junior Programming.

Baca juga : 9 Contoh Puisi Tentang Alam untuk SD dan SMP

Sekolah yang beralamat di Jl AP Pettarani No 4, Kelurahan Gunung Sari, Kecamatan Rappocini, Kota Makassar ini, punya metode pembelajaran menyenangkan untuk mata pelajaran pemrograman, sehingga tidak terkesan sulit atau memusingkan siswa.

"Pendekatan interaktif dengan menggabungkan teori dan praktik secara langsung yang kita berikan sangat disukai siswa. Dengan pendekatan seperti ini, siswa menjadi lebih mudah memahaminya, karena teori yang diberikan, langsung dicoba dengan sarana media lengkap di laboratorium sekolah," ujar Wakil Kepala Sekolah Bidang IT, Lab, Sarpra dan Humas, SMP Telkom Makassar, Nur Alamsyah, Rabu (27/3).

Dasar-dasar pemrograman yang diberikan melalui bahasa pemrograman seperti, Phyton, Java, atau C++, akan mudah dimengerti dan dipahami, karena guru pembimbingnya memiliki kompetensi khusus untuk mata pelajaran ini.

Baca juga : 4 Pelajar SMP di Tasikmalaya Curi Sepeda Motor dan Kotak Amal Masjid

"Siswa juga belajar konsep dasar pemrograman seperti struktur data, algoritma, dan logika pemrograman melalui proyek-proyek yang menarik dan relevan dengan perkembangan teknologi saat ini. Hal ini sesuai tagline kami yakni School of Digital Generation,” sambung Alamsyah.
 
Tidak main-main, dari mata pelajaran junior programing, siswa jadi mahir dalam bidang robotik, game, bahkan mampu membuat teknologi sistem kendali dengan menerapkan teknologi IOT (Internet of Things).

"Hasilnya banyak prestasi yang diraih siswa dari lomba-lomba yang berkaitan dengan IT. Prestasi tersebut sekaligus membuktikan pendekatan yang disampaikan guru untuk mata pelajaran khusus junior programing cukup berhasil," tegasnya.

Kini misi SMP Telkom Makassar adalah menjadi inkubator lahirnya programmer junior sebanyak mungkin. Setiap lulusannya memiliki karya nyata dan siap menghadapi dunia pemrograman di level yang lebih tinggi.

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Sugeng

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat