visitaaponce.com

Yayasan Pendidikan Telkom Bandung Permudah Siswa Belajar Multimedia Sejak Dini

Yayasan Pendidikan Telkom Bandung Permudah Siswa Belajar Multimedia Sejak Dini
Siswa SD di bawah Yayasan Pendidikan Telkom Bandung belajar pemograman(DOK/Yayasan Pendidikan Telkom)

YAYASAN Pendidikan Telkom (YPT) Bandung membentuk sekolah dasar berbasis ICT (Information Communication and Technology). Sekolah itu berada di kawasan Indonesia Timur yang memasukkan multimedia dalam kurikulum di SD Telkom Makassar.

Di sekolah ini, telah hadir modul khusus pengajaran bahasa pemrograman untuk tahun ajaran 2024/2025. Modul khusus terkait pemrograman menggunakan platform scratch dan materi IoT (Internet of Things) yang akan digunakan siswa kelas 4, 5 dan 6.

Modul khusus yang disusun bertujuan memberikan siswa pemahaman awal tentang konsep pemrograman melalui pembuatan gim sederhana. Kemampuan akan lebih terarah dan terstruktur, sehingga hasilnya lebih baik.

Baca juga : Belajar Jadi Programmer Mulai dari SMP di Sekolah Yayasan Pendidikan Telkom Bandung

"Kami menyadari pentingnya memperkenalkan konsep pemrograman kepada siswa sejak usia dini. Terutama di era digital seperti sekarang ini. Dengan memperkenalkan Scratch, kami dapat memberikan pondasi yang kuat bagi siswa untuk memahami konsep-konsep pemrograman secara menyenangkan dan interaktif," ujar Ta’wil, Kepala Sekolah SD Telkom Makassar, Kamis (28/3).
 
Pada praktiknya, siswa tampak merasa nyaman dengan sistem pembelajaran yang ada saat itu. Sementara modul khusus baru nantinya menjadi penyempurna proses belajar belajar yang sudah berlangsung saat ini.

Apalagi para guru pembimbing juga memiliki kompetensi yang mumpuni, sehingga semakin mudah siswa menyerap ilmu yang disampaikan.

"Peningkatan kemampuan siswa dipastikan akan semakin maksimal, karena kini laboratorium komputer penunjang praktik terus dimaksimalkan. Komputer terbaru yang sudah disesuaikan dengan modul pengajaran disediakan sekolah untuk siswa," katanya.

Baca juga : Yuk Mengenal Apa Itu PIP SD

Selain meningkatkan metode pembelajaran khusus IT, SD Telkom Makassar punya program unggulan lainnya, yaitu bilingual yakni Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris sebagai pengantar di dalam kelas.

Selain penggunaan bilingual dalam kelas, siswa bisa mempraktikannya lagi saat di luar kelas melalui ekstrakurikuler English Club. Beberapa siswa ada yang meraih prestasi dengan menjuarai perlombaan baik tingkat regional maupun nasional.

Ada 18 ekstrakurikuler lainnya yang bisa diikuti siswa sebagai penguatan karakter di sekolah yang terletak di Jl AP Pettarani No 4, Kota Makassar, Sulawesi Selatan ini.

Dengan adanya penyempurnaan modul pembelajaran IT ini, menjadi kesempatan bagi para orangtua yang ingin mengarahkan anak-anaknya di bidang IT, sehingga anak tak hanya bisa bermain gim saja, tapi bisa membuat gim dan diarahkan memiliki keahlian yang positif.

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Sugeng

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat