visitaaponce.com

Pemkab Sumedang Kerja Keras Kurangi Kasus Kekerasan di Sekolah

Pemkab Sumedang Kerja Keras Kurangi Kasus Kekerasan di Sekolah
Sejumlah relawan membawa poster saat penandatanganan petisi perlindungan anak di Sarinah, Jakarta, Minggu (8/1/2023).(ANTARA/ASPRILLA DWI ADHA)

KABUPATEN Sumedang terus berupaya mengurangi kasus kekerasan terhadap anak, khususnya di lingkungan sekolah. Salah satu upayanya ialah menggulirkan Peraturan Bupati Sumedang No 16 tahun 2024 tentang Gerakan Pencegahan dan Penanganan Kekerasan di Lingkungan Pendidikan.

"Peraturan Bupati menekankan pencegahan dan penanganan kekerasan dengan pendidikan berbasis kasih sayang. Dinas Pendidikan bertekad Meminimalkan terjadinya kasus-kasus kekerasan terhadap anak, utamanya di lingkungan sekolah," ungkap Sekretaris Dinas Pendidikan Sumedang, Eka Ganjar Kurniawan, Kamis (25/4).

Dia optimistis Perbup tersebut dapat melindungi peserta didik beserta tenaga pendidiknya dari tindakan kekerasan maupun bullying. "Jadi tidak hanya peserta didiknya saja. Tenaga pendidiknya juga kami lindungi dengan Perbup tersebut."

Baca juga : Orangtua Diingatkan Siapkan Ketahanan Fisik Anak untuk Kembali ke Sekolah

Posisi keduanya seimbang. Pasalnya, tidak sedikit tenaga pendidik yang mendapat perlakuan kekerasan dari siswanya. Menurutnya pencegahan dan penanggulangan kekerasan diperlukan melalui pendidikan berbasis kasih sayang.

"Manusia diberikan anugerah berupa rasa kasih sayang, hingga dapat menimbulkan rasa percaya diri pada diri siswa maupun tenaga pendidiknya, yang akhirnya dapat menciptakan kreativitas. Setelah punya kreativitas tentu akan bangga dan dapat terus menciptakan kreativitas lainnya," ungkapnya.

Dinas Pendidikan Kabupaten Sumedang, lanjut Eka, juga berkolaborasi dengan Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPKBP3A). Mereka membentuk satuan tugas serta Tim Pencegahan Penanggulangan Kekerasan (TPPK) di setiap satuan pendidikan.

"Ini bentuk keseriusan kami dalam upaya meminimalisir kekerasan, walaupun masih banyak hal yang harus kita tingkatkan dan perbaiki," tandasnya. (Z-6)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat