visitaaponce.com

Gempa Garut Berdampak ke 12 Kabupaten dan Kota di JawaBarat

Gempa Garut Berdampak ke 12 Kabupaten dan Kota di Jawa Barat
Warga membersihkan puing bangunan rumahnya yang roboh terdampak gempa di Desa Sukamulya, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Minggu (28/4).(ANTARA/ADENG BUSTOMI)

GEMPA bumi yang berpusat di Laut Selatan Kabupaten Garut, Sabtu (27/4) malam, menyebabkan 12 kabupaten dan kota di Jawa Barat, terdampak. Tidak ada korban jiwa, meski 6 warga harus dilarikan ke fasilitas pelayanan kesehatan karena menderita luka-luka.

Juru Bicara Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Barat Hadi Rahmat Hardjasasmita mengungkapkan, data sementara mencatat 54 rumah dan fasilitas umum lainnya mengalami kerusakan ringan, sedang dan berat. Daerah terparah terdampak gempa dengan magnitudi 6,5 itu ialah Kabupaten Garut.

"Di Garut sebanyak 4 rumah rusak sedang dan 13 rusak ringan, serta 1 fasilitas layanan kesehatan terdampak. Enam warga menderita luka-luka," tambahnya.

Daerah terdampak dan merasakan gempa yang terjadi pada pukul 23.29 WIB itu ialah Kabupaten Garut, Kabupaten Sukabumi, Kota Sukabumi, Kota Tasikmalaya, Kabupaten Tasikmalaya, Kabupaten Bandung, Kabupaten Bandung Barat, Kabupaten Ciamis, Kabupaten Purwakarta, Pangandaran, Sumedang dan Kota Cimahi.

"BPBD kabupaten dan kota serta BPBD Jawa Barat melakukan upaya penanganan darurat sejak dini. Tim reaksi cepat BPBD kabupaten, kota dan provinsi sudah berada di lokasi terdampak untuk melakukan pendataan dan tindakan yang dibutuhkan," ujar Hadi. (Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat