visitaaponce.com

BPBD Kabupaten Tasikmalaya masih Mewaspadai Ancaman Bencana

BPBD Kabupaten Tasikmalaya masih Mewaspadai Ancaman Bencana
Intesitas hujan yang tinggi menyebabkan tanah longsor di Kabupaten Tasikmalaya(DOK/BPBD KABUPATEN TASIKMALAYA)

BADAN Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tasikmalaya mengimbau warga waspada karena bencana hidrometeorologi masih berpotensi terjadi. Bencana yang masih rawan terjadi berupa tanah longsor, banjir, angin kencang dan pergerakan tanah.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Tasikmalaya, Nuraedidin mengatakan, intensitas hujan tinggi masih terjadi di wilayahnya. BMKG juga memperkirakan Mei masih menjadi puncak hujan.

"Kami sudah melakukan kesiapsiagaan dalam menghadapi berbagai bencana, karena adanya potensi ancaman bahaya hidrometeorologi. Diperlukan adanya upaya kesiapsiagaan dan langkah sinergitas semua pihak baik pemerintah, swasta, masyarakat agar waspada," katanya, Senin (6/5).

Baca juga : BPBD Kabupaten Tasikmalaya Peringatkan Puncak Musim Hujan pada Maret

Ia mengatakan, antisipasi perlu dilakukan karena daya dukung lingkungan yang mengalami penurunan. Untuk itu, pihaknya sudah melakukan langkah pencegahan dengan membersihkan aliran sungai, penataan sistem drainase, pembersihan saluran air dari sampah plastik, dan memetakan lokasi zona rawan bencana.

Sementara itu, Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Ciamis, Ani Supiani mengatakan, intensitas hujan yang terjadi berdampak pada pergerakan tanah di Kecamatan Cihaurbeuti, Sindangkasih, Cikoneng dan Panumbangan. Pergerakan tanah yang terjadi, menyebabkan 38 kepala keluarga atau 137 jiwa mengungsi.

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Sugeng

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat