visitaaponce.com

Kota Tasikmalaya Cari Solusi Jangka Panjang Atasi Kekeringan

Kota Tasikmalaya Cari Solusi Jangka Panjang Atasi Kekeringan
Warga Tasikmalaya mencari air bersih di musim kemarau.(MI/KRISTIADI)

PEMERINTAH Kota Tasikmalaya mencari solusi jangka menengah dan panjang untuk mengatasi dan mengantisipasi dampak kekeringan pada musim kemarau. Salah satu upayanya ialah mencari sumber air yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat.

Penjabat (Pj) Wali Kota Tasikmalaya Cheka Virgowansyah mengatakan, pihaknya sudah melakukan inventarisasi titik wilayah yang mengalami kekerinan di musim kemarau. Selanjutnya, pemkot akan mencari potensi sumber air.

"Untuk solusi sementara, kami akan bekerja sama dengan sejumlah pihak menyalurkan bantuan air bersih ke daerah terdampak kekeringan. Kami berupaya mencari solusi menengah atau permanen," katanya, Senin (20/5).

Baca juga : Debit Air Objek Wisata Situ Gede Kota Tasikmalaya Menyusut Drastis

Ia mengatakan, pemerintah kota akan berupaya menggandeng sejumlah pihak terutama menyediakan tempat penampungan air seperti toren dan bak air agar masyarakat di wilayah terdampak kekeringan terbantu. Selanjutnya mencari solusi jangka panjang agar dapat lebih optimal membantu warga.

Sementara itu, Direktur Adaptasi Perubahan Iklim, Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Jabar, Irawan Assad mengatakan, pihaknya melaksanakan kesiapsiagaan bencana kebakaran hutan dan lahan. BKSDA sudah melakukan kolaborasi dan sinergi dengan seluruh pihak.

"Guna memitigasi terjadi bencana kebakaran, khususnya di wilayah Garut, kami akan berupaya melakukan langkah preventif. Di antaranya  menyiapkan personil, peralatan hingga data-data yang dibutuhkan," tandasnya.

Ia mengimbau masyarakat menjelang musim kemarau tidak melakukan pembakaran sampah. "Buat yang melakukan aktivitas wisata atau naik gunung jangan sekali-kali membuat api unggun di dalam kawasan hutan, karena bisa menyebabkan bencana."

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Sugeng

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat