visitaaponce.com

Anggota Terpilih DPRD Bandung Barat masih Diisi Wajah Lama

Anggota Terpilih DPRD Bandung Barat masih Diisi Wajah Lama
KPU Kabupaten Bandung Barat menggelar rapat pleno penetapan kursi dan calon terpilih anggota DPRD Bandung Barat periode 2024-2029.(MI/DEPI GUNAWAN)

KOMISI Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bandung Barat menggelar rapat pleno penetapan kursi dan calon terpilih anggota DPRD Bandung Barat periode 2024-2029.

Dari rapat pleno itu ditetapkan, 8 partai politik peserta (parpol) peserta pemilu legislatif dinyatakan memperoleh kursi dewan dari 50 kursi anggota DPRD Bandung Barat.

Tiga parpol di antaranya PKS, Golkar dan Gerindra sama-sama meraih kursi terbanyak dengan 8 kursi. Kemudian disusul PKB 6 kursi, PDI Perjuangan, Partai Demokrat, PAN dan Nasdem masing-masing mendapatkan 5 kursi.

Baca juga : Pileg 2024 vs 2019: Ini Perbandingan Perolehan Suara 

"Memang ada sedikit perubahan dibandingkan pemilu 2019, misal partai A tadinya mendapatkan sekian, sekarang jadi sekian. Begitu juga partai politik lainnya," kata Ketua KPU Bandung Barat, Ripqi Ahmad Sulaeman seusai rapat pleno, Selasa (28/5).

Menurut dia, komposisi calon anggota dewan yang terpilih masih didominasi wajah lama dengan perbandingan 27 orang anggota DPRD periode 2019-2024 dan sisanya 23 orang merupakan wajah-wajah baru.

"Untuk keterwakilan perempuan memang tidak sampai 30 persen. Angka itu kan ketentuannya calon saja, kalau yang calon terpilih kan tergantung usaha masing-masing. Dari dapil 1 itu ada 1 orang, nanti saya lihat lagi nanti," bebernya.

Dia menjelaskan, masa jabatan anggota DRPD Bandung Barat periode 2019-2024 akan berakhir pada tanggal 25 Agustus, sehingga rencananya 50 anggota DPRD terpilih ini akan dilantik sehari setelahnya atau tanggal 26 Agustus agar tak terjadi kekosongan jabatan.

"Rapat pleno tadi berlangsung kondusif karena para perwakilan parpol yang hadir tidak memberikan tanggapan atau bantahan. Kemudian, penetapan calon terpilih pun relatif lancar, tidak ada yang memberikan bantahan dari masing-masing peserta," jelasnya. (Z-6)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat