visitaaponce.com

RSUD Sayang Cianjur Terima Bantuan Alat Radioterapi Kanker

RSUD Sayang Cianjur Terima Bantuan Alat Radioterapi Kanker
Bupati Cianjur Herman Suherman dan Direktur PT Jaya Tunggal Sekarmulia Michael Rusli menandatangani perjanjian kerja sama.(MI/BENNY BASTIANDY)

PEMERINTAH Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, menandatangani nota
kesepahaman (MoU) dengan PT Jaya Tunggal Sekarmulia berkaitan dengan alat medis Linear Particle Accelerator (Linac) atau radioterapi kanker
yang akan ditempatkan di RSUD Sayang.

Penandatanganan yang berlangsung di Ruang Garuda Pendopo Cianjur itu dilakukan Bupati Cianjur Herman Suherman dengan Direktur PT Jaya Tunggal Sekarmulia Michael Rusli, Jumat (31/5).

Bupati Cianjur Herman Suherman mengaku, adanya bantuan peralatan medis
berupa radioterapi kanker tentu berbanding lurus dengan upaya RSUD Sayang Cianjur yang sedang berproses menjadi rumah sakit berstandard
internasional.

Baca juga : Multiple Myeloma, Risiko Meningkat dengan Pertambahan Usia

Dia berterima kasih kepada PT Jaya Tunggal Sekarmulia yang sudah memberikan bantuan peralatan medis tersebut.

"Kami berharap, dengan adanya bantuan peralatan medis radioterapi ini bisa membantu masyarakat Kabupaten Cianjur. Penderita kanker tak perlu lagi berobat jauh-jauh ke luar daerah," ujarnya.

Direktur RSUD Sayang Cianjur, Irvan Nur Fauzy, menyebutkan berdasarkan
data, kurun 2-3 tahun terakhir setidaknya terdapat hampir 5.000 pasien di RSUD Sayang Cianjur yang didiagnosa mengidap kanker. Dari jumlah
itu, paling banyak merupakan pengidap kanker payudara, sekitar 3.000 pasien.

Baca juga : Lima Parpol di Cianjur Koalisi, Deklarasi Usung Pasangan Herman-Ibang

"Tentunya kami sudah ada yang namanya kemoterapi. Lalu nanti di pertengahan tahun atau triwulan ketiga, kita sudah mulai ada bedah onkologi. Menuju yang lebih paripurna, maka kebutuhannya adalah radioterapi," paparnya.

Sejauh ini, lanjut dia, banyak pasien kanker tidak melakukan radioterapi. Pasalnya, penanganan secara radioterapi biasanya dilakukan di luar daerah dengan waktu tunggu yang cukup lama.

"Radioterapi sebagai kebutuhan masyarakat yang harus difasilitasi pemerintah daerah, dalam hal ini rumah sakit," tuturnya.

Direktur PT Jaya Tunggal Sekarmulia Michael Rusli mengatakan, di Jawa Barat kerja sama seperti ini baru kali pertama dilakukan. Bantuan
peralatan medis untuk pengobatan kanker itu tentu akan bermanfaat, terutama melihat populasi penduduk yang cukup banyak di Kabupaten Cianjur.

"Posisi Kabupaten Cianjur cukup strategis karena berada di tengah-tengah Sukabumi, Bandung, dan maupun Bogor. Keberadaan pusat kanker ini akan sangat bermanfaat bagi masyarakat," tandasnya.

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Sugeng

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat