visitaaponce.com

Hari Lingkungan Hidup, PLN Jawa Barat dan Masyarakat Bebersih Sungai Cikapundung

Hari Lingkungan Hidup, PLN Jawa Barat dan Masyarakat Bebersih Sungai Cikapundung
Pegawai PLN Jawa Barat membersihkan Sungai Cikapundung(DOK/PLN JAWA BARAT)

SUNGAI Cikapundung merupakan sungai terpanjang di Jawa Barat. Sungai ini membelah Kota Bandung dan bermuara di Sungai Citarum.

Ada ribuan rumah penduduk di aliran sungai. Mereka membuang limbah mencapai 2,5 juta liter setiap harinya, yang sebagian besar berasal dari limbah rumah tangga.

Banyaknya sampah di sungai ini kerap membuat air meluap ke pemukiman penduduk dan merendam ratusan rumah atau banjir.

Baca juga :  PLN Jawa Barat Dukung Kampanye Motor Konversi Lewat Program Jabar Smile

Menyambut Hari Lingkungan Hidup Sedunia pada 5 Juni, PLN Unit Induk Distribusi Jawa Barat mengadakan kegiatan Green Employee Involvement sebagai bentuk kepedulian pegawai terhadap lingkungan.

Susiana Mutia, General Manager PLN Uinit Induk Distribusi Jawa Barat menyampaikan bahwa pada kegiatan membersihkan sungai dan lingkungan ini diikuti lebih dari 200 peserta. Mereka terdiri dari pegawai dari PLN Group dan warga sekitar.

Selain itu ada 3 komunitas penggiat lingkungan yakni Yayasan Buana Hijau Sejahtera, Yayasan Gelanggang Hijau Indonesia dan Mahatva Faperta Unpad.

Baca juga : PLN Jabar Pastikan SPKLU Siap Melayani Pemudik Berkendaraan Listrik

Para peserta turun langsung menyisir sisi Sungai Cikapundung untuk mengangkat sampah, lumpur dan benda-benda lainnya yang mengotori sungai itu. Sampah dari kegiatan ini akan dikumpulkan kemudian akan ditimbang dan akan ditukar dengan rupiah di Bank Sampah di lokasi kegiatan.

Kegiatan sosial

Selain itu juga pada kegiatan ini dilaksanakan tebar benih ikan, penanaman simbolis Pohon Kapundung dan pengecatan musala di sekitar Sungai Cikapundung.

Baca juga : Mudik Bareng BUMN, PLN Jawa Barat Berangkatkan Ratusan Pemudik

Pada kegiatan  yang dilaksanakan di Sungai Cikapundung dan Taman Alun-alun Regol itu sekaligus meluncurkan aplikasi Sampahku Bersinar. Ini merupakan aplikasi yang dapat digunakan para penggiat lingkungan khususnya Bank Sampah untuk mendata hasil pengumpulan sampah yang dibuat oleh Mahatva Faperta Unpad.

Farrel Reyhan Gunawan selaku pengelola aplikasi Sampahku Bersinar menyampaikan harapannya aplikasi ini bisa digunakan Bank Sampah yang ada di Indonesia.

Selain kegiatan bersih-bersih lingkungan, kata Susiana, melalui Program PLN Peduli, juga rutin menggelar bantuan di bidang lain baik itu sosial, pendidikan bahkan pemberdayaan ekonomi atau pendampingan UMKM.

 

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Sugeng

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat