visitaaponce.com

Rumah Amal Salman Targetkan Lebih dari 100 Ribu Orang Terima Manfaat Kurban

Rumah Amal Salman Targetkan Lebih dari 100 Ribu Orang Terima Manfaat Kurban
Proses penyembelihan hewan kurban di Rumah Amal Salman yang berkolaborasi dengan Masjid Salman ITB(DOK/RUMAH AMAL SALMAN)

LEMBAGA Amil Zakat Nasional (Laznas) Rumah Amal Salman berkolaborasi dengan Masjid Salman ITB, tahun ini menargetkan dapat membantu lebih banyak masyarakat untuk berkurban.

Menurut Ketua Layanan Kurban Rumah Amal Salman, Halinda Mulia Arti pihaknya pun menargetkan manfaat kurban bisa dirasakan oleh lebih dari 100.000 penerima manfaat yang ada di Indonesia hingga pelosok negeri.

“Alhamdulillah di tahun ini sebanyak 1.698 masyarakat telah berkurban melalui Rumah Amal Salman. Insya Allah kurban akan disalurkan untuk masyarakat sekitar hingga ke pelosok negeri. Titik penyaluran hewan kurban tahun ini jauh lebih banyak. Ada sekitar 141 titik lokasi penyaluran,” ujar Halinda saat ditemui di Masjid Salman ITB, Senin (17/6).

Baca juga : 10 KA Jarak Jauh Paling Banyak Mengangkut Penumpang selama Libur Idul Adha

Ia menambahkan, secara terinci kurban Rumah Amal Salman 1445 Hijriyah menyalurkan 1.158 hewan baik domba ataupun sapi. Untuk titik penyaluran jauh lebih banyak dari tahun sebelumnya, menjadi 141 titik lokasi penyaluran di 20 Provinsi. Lokasi terdekat ada di sekitar Masjid Salman dan lokasi terjauh ada di Provinsi Papua Selatan.
 
Selain itu, Halinda menyampaikan kurban tidak hanya memuliakan para penerima manfaat, tetapi juga untuk para pengurbannya.

Rumah Amal Salman konsisten dengan Layanan #SegarDiantar yakni sebuah program pengantaran hak daging kurban bagi pengurban. Pengurban bebas memilih hak dagingnya, bisa daging segar atau olahan rendang.

“Kami berusaha konsisten dengan layanan hak daging untuk pengurban, sebab memang memakan daging kurban adalah bagian dari sunnah. Adapun layanan daging segar tahun ini, untuk pengkurban yang meminta daging segar ada sekitar 515 paket, dan untuk rendang sangat naik drastis yakni 1.371 paket,” kata Halinda.

Baca juga : Rektor Unisba Mengajak Umat Meneladani Nabi Ibrahim pada Momentum Idul Adha


Berkualitas


Dalam pelaksanaannya, Rumah Amal Salman memastikan bahwa semua hewan kurban yang disembelih di hari raya dan hari tasyrik terjamin kesehatan dan kualitasnya. Penyembelihan dilakukan sesuai dengan syariah oleh juru sembelih halal, yang sebelumnya sudah ikut serta dalam pelatihan Juru Sembelih Halal (Juleha) Masjid Salman ITB.

Tujuan pelatihan itu untuk meningkatkan pemahaman dan kemampuan para petugas dalam menyembelih hewan kurban sesuai dengan syariat Islam.

Baca juga : Pemkot Bandung Kerahkan Tim Gabungan Cegah Penyebaran PMK

Selain aspek keamanan, para pengurban juga akan mendapatkan laporan dari proses penyembelihan dan pendistribusian daging kurban sebagai bentuk pertanggungjawaban panitia.

Salah satu pengurban Boy Kenaldi, 55, menyampaikan rasa kepuasannya berkurban di Rumah Amal Salman, sebab layanan customer service yang tanggap dan informatif.

“Saya sudah dari masa pandemi berkurban di Rumah Amal Salman, karena pelayanannya baik. Saya terus kembali berkurban di sini,” ucap Kenaldi.

Baca juga : Pemkot Bandung Diminta Lebih Serius Tangani PMK

Pengurban lainnya, Rosmita, 70, juga merasa senang berkurban di Rumah Amal Salman, sebab penyebaran daging kurban sampai ke pelosok.

“Saya bertahun-tahun kurban di Rumah Amal Salman, sebab penyebaran hewan kurban hingga pelosok. Bukan bermaksud menyepelekan, tapi kurban di kota sudah terlalu banyak, tetapi di daerah kurang terperhatikan, sehingga ada layanan kurban di salurkan ke pelosok. Saya kurban di sini saja. Saya juga mengajak anak-anak dan rekan lainnya untuk kurban di sini,” kata Rosmita.

Rumah Amal Salman adalah Lembaga Amil Zakat Nasional (Laznas) pengelola zakat, infak, sedekah dan lainnya yang berfokus pada pendidikan dan teknologi.

Alamat: Jalan Gelap Nyawang nomor 4, Bandung
Call Center +62 811-2228-333
www.rumahamal.org
instagram.com/rumahamalsalman/

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Sugeng

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat