visitaaponce.com

Tiga Pengedar Uang Palsu Ditangkap Polres Tasikmalaya Kota

Tiga Pengedar Uang Palsu Ditangkap Polres Tasikmalaya Kota
Kapolres Tasikmalaya Kota AKB Joko Sulistiono memaparkan kasus peredaran uang palsu(MI/KRISTIADI)

SATUAN Reserse Kriminal Polres Tasikmalaya Kota menangkap 3 tersangka pengedar uang palsu. Dari tangan mereka disita uang palsu pecahan Rp100 ribu sebanyak 1.144 lembar.

Ketiganya diringkus di kantor perwakilan Bank Indonesia Tasikmalaya, saat hendak menukarkan uang tersebut.

Dua dari tiga tersangka merupakan perempuan, yakni YA, 33, warga Kabupaten Kendal, dan SR, 46, warga Aceh Tamiang. Satu pelaku lain ialah TW, 54, warga Kabupaten Sukabumi.

Baca juga : Sebanyak 6.953 Pemilih di Kabupaten Tasikmalaya sudah Mengajukan Pindah Memilih

Kapolres Tasikmalaya Kota Ajun Komisaris Besar Joko Sulistiono mengatakan, pihaknya menerima laporan dari Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Tasikmalaya adanya tiga orang yang hendak melakukan penukaran uang pecahan Rp100 ribu sebanyak 1.144 lembar. Uang yang mereka bawa diduga palsu.

Sejumlah anggota satuan reserse pun bergerak ke lokasi atas laporan itu. Mereka langsung memeriksa para tersangka dan melakukan pengujian keaslian uang tersebut.

"Dari hasil penelitian yang dilakukan oleh Bank Indonesia Tasikmalaya, dinyatakan uang pecahan Rp100 ribu itu palsu. Ketiganya langsung ditangkap," tambah Joko, Kamis (1/2).

Baca juga : BPBD Kota Tasikmalaya Antisipasi Bencana Hidrometeorologi

Dalam pemeriksaan, para tersangka mengaku uang berasal dari Kota Depok. Mereka mendapat perintah dari pemilik untuk menukarkan uang tersebut ke Bank Indonesia Tasikmalaya.

Sementara itu, Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Tasikmalaya, Aswin Kosotali mengatakan, pemalsuan uang yang dilakukan oleh 3 orang tersangka merupakan kejahatan yang serius. Pemalsuan uang tidak hanya merugikan korban, juga berdampak terhadap stabilitas ekonomi.

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Sugeng

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat