visitaaponce.com

Libur Panjang, Wisatawan Diminta Hindari Jalur Rawan Longsor Kolonel Masturi Lembang

Libur Panjang, Wisatawan Diminta Hindari Jalur Rawan Longsor Kolonel Masturi Lembang
Relawan menyingkirkan rumpun bambu yang menutup akses Jalan Kolonel Masturi, Lembang.(Dok. MI)

BPBD Bandung Barat mengimbau masyarakat yang hendak melakukan perjalanan libur panjang di wilayah Lembang, Kabupaten Bandung Barat agar waspada dan berhati-hati terhadap cuaca ekstrem pada musim penghujan. Salah satunya karena beberapa daerah di sekitar Lembang termasuk dalam titik rawan tanah longsor.

"Kamis besok, Jumat, Sabtu dan Minggu posisi libur, mungkin banyak wisatawan masuk wilayah Lembang. Kepada wisatawan kami ingatkan tidak melintasi jalur rawan longsor," kata Plt Kepala Pelaksana BPBD Bandung Barat, Asep Sehabudin, Rabu (7/2).

Salah satu titik rawan terdapat di Jalan Kolonel Masturi, tepatnya dekat lokasi wisata Curug Pelangi. Kejadian longsor sempat menimbun badan jalan sehingga akses jalan tidak bisa dilalui kendaraan pada Selasa (6/2) malam.

Baca juga : Tebing Jalan Kolonel Masturi Longsor Ancam Jalur Lembang-Cimahi

Kini jalur yang menghubungkan antara Kota Cimahi dan beberapa kecamatan dengan wilayah Lembang tersebut sudah bisa dilintasi ke kendaraan secara dua arah.

"Evakuasi material longsor di ruas Jalan Kolonel Masturi selesai sekitar pukul 21.30 WIB, jadi sejak tadi malam arus lalu lintas kembali normal," ujarnya.

Sebelum dilakukan penanganan lebih lanjut, pihaknya mengimbau masyarakat dan pengguna kendaraan lebih waspada ketika melintas di titik longsor terutama saat turun hujan deras karena masih berpotensi terjadi longsor susulan.

Baca juga : BMKG Ingatkan Sultra Soal Ancaman Cuaca Ekstrem

"Untuk sementara masyarakat tidak banyak menggunakan jalur Cisarua-Parongpong, lebih baik ke jalur Cihanjuang-Parongpong, atau wisatawan yang menuju ke Dusun Bambu sebaiknya lewat Cisarua, tidak melewati jalur Parongpong karena jika kondisinya curah hujan tinggi, longsor susulan bisa terjadi," ungkapnya.

Pihaknya juga akan berkoordinasi dengan Polsek Cisarua serta Dishub Bandung Barat untuk memberikan imbauan kepada pengemudi bus supaya tidak melintasi lokasi longsor.

"Secara badan jalan gak ada masalah, cuma ada tebing yang dikhawatirkan. Kita mewaspadai, mengingatkan kepada wisatawan tidak melintasi jalur, berjaga-jaga curah hujan tinggi," jelasnya.

Baca juga : Cuaca Ekstrem, Bencana Banjir Kembali Landa Semarang

(Z-9)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat