visitaaponce.com

Kementerian Sosial Bantu Pengidap Tumor Warga Garut

Kementerian Sosial Bantu Pengidap Tumor Warga Garut
Tim Kementerian Sosial menyerahkan bantuan untuk Titik Kartika, warga Garut yang menderita tumor ganas.(DOK/HUMAS KEMENSOS)

DIREKTORAT Rehabilitasi Sosial Lanjut Usia, Kementerian Sosial, memberikan bantuan kepada pengidap tumor ganas Titik Kartika, 51, warga Sukamulya, Kelurahan Dayeuhmaggung, Kecamatan Cilawu, Kabupaten Garut.

Delapan bulan lalu, Titik Kartika sempat menjalani operasi untuk pengangkatan tumor di bagian kiri wajahnya di Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung. Tapi, tumor tersebut kembali tumbuh di wajahnya.

"Saat ini, kami tidak bisa apa-apa lagi karena sudah tidak ada biaya untuk berobat," ucap Toto, 61, suami Titik.

Baca juga : Antisipadi Banjir, Mensos Berencana Bangun Lumbung Sosial di Garut

Toto mengatakan, Kementerian Sosial telah banyak membantu istrinya. Selain harus mengurus sang istri, Toto juga harus memenuhi keperluas anak tunggalnya, Zaidan, 15.

Dalam kejadian ini, Direktorat Rehabilitasi Sosial Lanjut Usia berkoordinasi dengan Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial, Dinas Sosial Kabupaten Garut. Mereka sepakat mengubah status kepesertaan Titik dari BPJS Mandiri menjadi BPJS Penerima Bantuan Iuran (PBI). Pengobatannya bisa gratis.

Kemensos juga bekerja sama dengan Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan Kabupaten Garut. Kerja sama itu menyangkut transportasi.

Baca juga : Karang Taruna Tumbuhkan Perilaku Enterpreneurship Generasi Muda

Jika Titik Kartika akan berobat ke RSHS Bandung terletak sekitar 75 kilometer dari rumahnya, Dinas Sosial Kabupaten Garut akan menyediakan ambulans gratis.

"Dinas Kesehatan Kabupaten Garut bersedia membantu melalui Public Safety Center (PSC). Dibantu para relawan, kami akan membantu Bu Titik saat berobat ke RSHS Bandung hingga Kembali ke Garut tanpa biaya sepeser pun," kata Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan, Dinas Kesehatan Kabupaten Garut, Rita, Kamis (29/2).

Dia menambahkan bantuan Atensi juga diberikan untuk Titik Kartika dan keluarganya, berupa nutrisi, pakaian dan alat kebersihan diri. Untuk membantu perekonomian keluarga, Kemensos memberikan paket kewirausahaan warung kelontong yang akan dikelola oleh Toto sebagai kepala keluarga.

"Kementerian Sosial akan terus memantau  dan membantu penanganan Kesehatan Titik Kartika. Selain itu, akan terus membimbing dan memantau agar usaha warung kelontong Pak Toto bisa berjalan lancar, sehingga bisa membantu perekonomian bagi keluarga," ujarnya.

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Sugeng

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat