visitaaponce.com

Pemkab Garut Bantu Nelayan Rancabuaya yang Terdampak Bencana Rob

Pemkab Garut Bantu Nelayan Rancabuaya yang Terdampak Bencana Rob
Penjabat Bupati Garut Barnas Adjidin mengunjungi lokasi bencana banjir rob.(DOK/DISINFOKOM GARUT)

BANJIR rob setinggi 3 meter menerjang wilayah pesisir Pantai Rancabuaya, Kecamatan Caringin, Kabupaten Garut. Kejadian tersebut, telah menyebabkan 30 kapal milik nelayan dan 11 gazebo di kawasan pantai mengalami kerusakan.

Banjir rob juga menyebabkan 515 Kepala keluarga (KK) terdampak bencana.

Penjabat (Pj) Bupati Garut, Barnas Adjidin mengatakan, banjir rob yang terjadi di pesisir pantai Rancabuaya menyebabkan 515 Kepala Keluarga terdampak bencana gelombang pasang. Dampak bencana harus ditangani dengan melakukan validasi data terkait jumlah warga, infrastruktur, kapal dan bangunan gazebo.

Baca juga : BMKG Ingatkan Ancaman Rob di Wilayah Pesisir Kalimantan Selatan

"Pemkab Garut langsung merespon kejadian banjir rob yang terjadi di Pantai Rancabuaya. Kami akan memberikan bantuan stimulan jaminan hidup kepada masyarakat terdampak, serta terus berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi Jawa Barat," katanya, Minggu (17/3).

Ia mengatakan, pemerintah Kabupaten Garut menyatakan keprihatinan dan turut merasakan kesulitan yang dirasakan oleh para nelayan di Pantai Rancabuaya, Pantai Cipunaga, Pantai Cijeruk, Kecamatan Cibalong, Pantai Cimuara, di Kecamatan Pakenjeng, serta Pantai Citangeuleuk, di Kecamatan Mekarmukti.

Gelombang pasang, selain telah berdampak pada banjir rob, juga  menyebabkan nelayan tidak melaut.

Baca juga : Pemkab Garut Dukung Pengembangan Seni Ketangkasan Domba

"Kami mengajak agar semua pihak untuk bahu-membahu menyelesaikan permasalahan ini agar nelayan bisa melakukan aktivitas normal seperti sedia kala. Kami juga mengimbau para nelayan untuk mematuhi imbauan dari BMKG dan mengutamakan ekankan keselamatan nyawa," ujar Barnas.

Menurutnya, pemerintah akan tetap berupaya untuk memberikan bantuan bagi nelayan karena mereka tidak melaut. Bantuan yang diberikan di antaranya berupa beras.

"Gelombang pasang menyebabkan banjir rob di Pantai Rancabuaya, telah menyebabkan 30 perahu milik nelayan mengalami kerusakan terutama patah di bagian badan perahu. Dalam kejadian itu tidak ada korban jiwa," tandasnya.

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Sugeng

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat