visitaaponce.com

Mahasiswa KKN Universitas Nusa Putra Resmikan Pojok Ekonomi Kreatif

Mahasiswa KKN Universitas Nusa Putra Resmikan Pojok Ekonomi Kreatif
Produk UMKM dan ekonomi kreatif masyarakat Desa Karangpapak, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi, dipamerkan di Pojok Ekonomi Kreatif(MI/BENNY BASTIANDY)

MAHASISWA Universitas Nusa Putra (UNP) yang sedang melaksanakan kuliah
kerja nyata (KKN) di Desa Karangpapak, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi, meresmikan Pojok Ekonomi Kreatif, Senin (18/3).

Kehadiran Pojok Ekonomi Kreatif bertujuan menjembatani pelaku ekonomi lokal agar lebih tumbuh dan berkembang.

Subkoordinator Ekonomi Kreatif Dinas Pariwisata Kabupaten Sukabumi,
Nasrudin Haetami, mengatakan Pemerintah Kabupaten Sukabumi mengapresiasi upaya inisiasi dari para mahasiswa yang sedang KKN tersebut. Upaya itu merupakan langkah progresif mendorong pertumbuhan ekonomi lokal.

Baca juga : Sumedang Libatkan Mahasiswa Tangani Kasus Stunting

"Kolaborasi ini akan memberikan dampak positif yang signifikan bagi
pengembangan pariwisata dan ekonomi desa," kata Nasrudin di sela peresmian Pojok Ekonomi Kreatif di Hotel Pantai Mutiara Desa Karangpapak, Senin (18/3).

Camat Cisolok Jaenal Abidin pun mengaku bangga ada terobosan inovasi para mahasiswa yang sedang KKN di wilayahnya. Keberadaan Pojok
Ekonomi Kreatif akan mendukung pembangunan ekonomi di wilayahnya.

"Kami tentu bangga dan mengapresiasi upaya para mahasiswa KKN Universitas Nusa Putra membangun kerja sama yang erat antara pelaku ekonomi kreatif dan sektor pariwisata. Ini merupakan langkah tepat mendukung pembangunan ekonomi di Kecamatan Cisolok pada umumnya," terang Jaenal.

Baca juga : Mahasiswa Undip Lakukan KKN Peningkatan UMKM Warga Tani

Pojok Ekonomi Kreatif itu dikerjasamakan dengan pelaku usaha sektor
pariwisata yakni Hotel Pantai Mutiara, Villa Kasep Geulis, dan Villa Putih. Berbagai produk UMKM dari Desa Karangpapak ikut dipromosikan pada etalase Pojok Ekonomi Kreatif di setiap lokasi yang sudah bekerja sama sebagai langkah awal meningkatkan eksposur berbagai produk lokal.

"Ini merupakan langkah tepat menghadirkan peluang baru bagi pelaku ekonomi lokal. Kami berharap kerja sama ini bisa terus berlanjut dan memberikan manfaat, terutama bagi masyarakat di desa kami," kata Kepala Desa Karangpapak Agus Supriatna.

Ketua Kelompok KKN Universitas Nusa Putra, Rip'an Mukti, menuturkan butuh proses panjang bisa menjembatani para pelaku ekonomi kreatif di Desa Karangpapak dengan pelaku usaha sektor pariwisata. Sebelumnya para pelaku ekonomi kreatif itu dilatih meningkatkan standard
kualitas.

Baca juga : PMN Jabar Dorong Milenial Sukabumi Jaga Persatuan Bangsa

"Seperti pengemasan, legalitas, manajemen keuangan usaha, hingga efisiensi produksi. Alhamdulillah, pada akhirnya kita bisa meningkatkan nilai dari produk ekonomi kreatif untuk beberapa target pasar yang berbeda. Kami bangga bisa menjembatani kolaborasi ini," katanya.

Dia menuturkan KKN merupakan program wajib bagi mahasiswa Universitas
Nusa Putra untuk berkontribusi langsung kepada masyarakat. Di Desa
Karangpapak, mahasiswa dari berbagai jurusan telah berpartisipasi pada program ini dengan penuh semangat dan dedikasi.

"Kami telah berkontribusi pada berbagai bidang yang dikemas melalui program pengembangan dan pemberdayaan masyarakat, mulai dari pendidikan, perekonmian, dan infrastruktur. Semangat dan dedikasi kami ini menjadi salah satu pilar utama untuk kemajuan Desa Karangpapak," pungkasnya.

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Sugeng

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat