visitaaponce.com

Yayasan Pendidikan Telkom Bandung Dukung Penyelenggaraan Kelas Bilingual di SD Telkom Padang

Yayasan Pendidikan Telkom Bandung Dukung Penyelenggaraan Kelas Bilingual di SD Telkom Padang
Dua siswa SD Telkom Padang belajar di kelas bilingual(DOK/SD TELKOM PADANG)

YAYASAN Pendidikan Telkom Bandung mendorong sekolah di bawahnya melakukan inovasi untuk meningkakan kualitas anak didiknya. Beragam program pun digelar sejumlah sekolah.

Salah satunya SD Telkom Padang. Sekolah ini terus fokus berbenah. terutama dalam mencapai visi religius, berkarakter, berbasis digital, dan berstandar internasional.

Khusus berstandar internasional, salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan menyelenggarakan program kelas bilingual.

Baca juga : Yayasan Pendidikan Telkom Bandung Permudah Siswa Belajar Multimedia Sejak Dini

"Program bilingual ini menjadi salah satu program unggulan di SD Telkom Padang. Untuk bisa masuk bilingual class ada tes khusus bagi setiap siswa. Tes kematangan bagi setiap siswa dilakukan oleh profesional yang melibatkan psikolog. Jadi siapa pun siswanya tidak bisa masuk bilingual class jika psikolog tidak merekomendasikan. Ini dilakukan berkaitan dengan kematangan siswa untuk mampu belajar lebih cepat  karena siswa kelas bilingual akan menjalani kurikulum unik yakni  kurikulum nasional dan kurikulum Cambridge," terang Wakil Kepala Bidang Kurikulum SD Telkom Padang, Murniwati, Jumat (5/4).

Tahun ini, sekolah yang beralamat di Jl Aur Duri Indah No Raya, Parak Gadang Tim, Kota Padang, Sumatra Barat ini  resmi menandatangani MoU dengan Cambridge Educational Partner dalam penyelenggaraan program kelas bilingual yang sudah memasuki tahun ke lima.
 
Untuk perbaikan terus menerus pada kualitas kelas bilingual, pelatihan berkala selalu diberikan pada guru-guru pilihan yang mengampu kelas bilingual. Pelatihan ini diberikan langsung oleh Cambridge Curriculum Trainer.

Selain dengan Cambridge Educational Partner, penyelenggaraan kelas bilingual SD Telkom Padang juga berkolaborasi dengan Lembaga EF (English First) dalam memberikan pelatihan peningkatan kemampuan berbahasa Inggris guru-guru bilingual. Tahun ini, pelatihan Bahasa Inggris untuk guru sudah memasuki gelombang kedua.

Baca juga : SMK Pariwisata Telkom Bandung Gulirkan MoDis agar Siswa Penuhi Kebutuhan Industri

Dalam lima tahun terakhir, setiap tahun ajaran baru SD Telkom Padang menyiapkan empat kelas, satu kelas diantaranya dikhususkan bilingual. Pada tahun ajaran 2024/2025 untuk kelas bilingual akan ditambah menjadi dua kelas.  

"Ini juga berkaitan dengan proyek jangka panjang dari SD Telkom Padang untuk menjadi sekolah berstandar internasional, sesuai dengan visi-misi sekolah yang juga sejalan dengan visi-misi Yayasan Pendidikan Telkom," sambungnya.

Dalam pembelajaran sendiri, siswa kelas bilingual mendapat porsi jam belajar Bahasa Inggris dua kali lipat lebih banyak dari kelas reguler.  

Baca juga : Kesejahteraan Murid Kunci Capai Potensi Akademis

Selain sebagai pengantar aktivitas dalam kelas, ada beberapa mata pelajaran yang juga menggunakan Bahasa Inggris, yaitu English, Math, dan Science kurikulum Cambridge.

Sementara pelajaran lainnya sesuai kurikulum nasional, bahasa pengantarnya bisa di mix antara Indonesia dan Inggris atau disesuaikan guru yang memberikan materi.

Kematangan siswa dalam berbahasa Inggris semakin diasah melalui program Engglish Day setiap Rabu. Bahkan dalam tahun ajaran baru tengah dirancang mendatangkan native speaker dari lembaga bahasa.

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Sugeng

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat