visitaaponce.com

SMK Pariwisata Telkom Bandung Gulirkan MoDis agar Siswa Penuhi Kebutuhan Industri

SMK Pariwisata Telkom Bandung Gulirkan MoDis agar Siswa Penuhi Kebutuhan Industri
Siswa SMK Pariwisata Telkom Bandung belajar dengan metode MoDis(DOK/SMK PARIWISATA TELKOM BANDUNG)

UNTUK melahirkan lulusan sesuai kebutuhan industri, SMK Pariwisata Telkom Bandung yang memiliki tagline to become an excellent hospitality digital talent menerapkan model pembelajaran khusus bagi para siswa.

Model pembelajaran yang diberi nama Model Diskusi (MoDis) ini dibuat setelah dilakukan riset ke lapangan terlebih dulu. MoDis mengolaborasikan berbagai mata pelajaran yang ada dalam struktur kurikulum, namun tetap melaksanakan pencapaian pembelajaran standar pemerintah.

"Guru yang tergabung dalam MoDis menyusun tujuan pembelajaran (TP) setelah mendapat masukan dari pihak industri. Tujuannya agar pembelajaran lebih menyenangkan dan memudahkan dalam penyampaian, baik dalam pembuatan proyek maupun capaian yang ingin diperoleh siswa," ujar Kepala SMK Pariwisata Telkom Bandung Kadhafiah Hilmi, Kamis (4/4).
 
Ada lima MoDis yang diterapkan SMK Pariwisata Telkom Bandung, yaitu MoDis Produktif untuk Akomodasi Perhotelan (AP), Usaha Perjalanan Wisata (UPW)/Usaha Layanan Wisata (ULP), dan Tata Boga atau Kuliner. Lalu ada MoDis Service Excellent (SE), MoDis Public Speaking (PS), MoDis Enterpreneur Basic Reasearc (EBR), dan MoDis Design Thinking Class (Detic).

Baca juga : Ratusan Anak Ikuti Kontes Anak Sholeh

MoDis di SMK Pariwisata Telkom Bandung yang berlokasi di Jl Palasari No 1, Kota Bandung, sesuai dengan identifikasi yang disampaikan oleh National Education Association 17 terkait keterampilan abad ke-21 sebagai keterampilan “The 4Cs”. Keterampilan itu meliputi berpikir kritis dan memecahkan masalah (critical thinking), creatif dan inovatif (creativity) serta keterampilan komunikasi (communication) dan kolaborasi (collaboration).

"Penerapan lima MoDis ini diharapkan bisa membekali para siswa ketika sudah lulus dari SMK Pariwisata Telkom Bandung. Mereka mempunyai bekal hidup dan tentunya akan lebih siap hidup," sambung Kadhafiah.

Keberhasilan pembelajaran MoDis sangat tinggi karena didukung sarana dan prasarana yang juga telah disesuaikan dengan kebutuhan industri. Seperti ruang praktik standart industri, smart millenial classroom, smart TV dan AC di setiap kelas.

Dengan pembelajaran MoDis, SMK Pariwisata Telkom Bandung berharap lulusannya bisa memenuhi kebutuhan standar industri, siap bersaing di era global dengan penguatan entrepreneur dan multimedia sesuai visi sekolah.

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Sugeng

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat