visitaaponce.com

Sejumlah Rumah di Ciamis Alami Kerusakan Akibat Gempa Garut

Sejumlah Rumah di Ciamis Alami Kerusakan Akibat Gempa Garut
Sejumlah rumah di kawasan Kabupaten Ciamis mengalami kerusakan akibat gempa bumi bermagnitudo 6,5.(BPBD)

GEMPA bumi berkekuatan magnitudo 6,5 mengguncang wilayah Kabupaten Garut, Jawa Barat, Sabtu (27/4) sekitar pukul 23.29 WIB mengakibatkan sejumlah rumah di Kabupaten Ciamis mengalami kerusakan yang tersebar di beberapa kecamatan. Tidak ada korban jiwa tapi ada beberapa keluarga mengungsi.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) kabupaten Ciamis, Ani Supiani mengatakan petugas terus berusaha melakukan pendataan, terutama rumah yang terdampak di setiap perkampungan.

"Kerusakan rumah yang terjadi memang ada beberapa orang mengungsi dan ada juga yang bertahan. Akan tetapi, petugas dari BPBD dan Tagana Ciamis sejak kejadian langsung turun ke lapangan dan mendata rumah sementara di beberapa lokasi mengingat ada satu korban luka ringan bernama Yuda, di Perum Jati indah Blok C2 hingga korban mengungsi," katanya, Minggu (28/4/2024).

Baca juga : BPBD Garut: 135 Rumah Retak akibat Gempa, tapi Masih Bisa Ditempati

Ani mengatakan gempa Garut berdampak ke berbagai wilayah di Kota Tasikmalaya, Ciamis, Banjar, dan Kabupaten Tasikmalaya. Namun, gempa yang terjadi tersebut membuat banyak rumah mengalami rusak ringan dan sedang di beberapa lokasi meski dalam kejadian tidak ada korban jiwa.

Data sementara masuk kerusakan rumah di Dusun Kaligamping, Desa Kalijaya Kecamatan, Banjaranyar, rumah Oha Nugraha (mengungsi), Dusun Winarasa, Desa Kalijaya, Kecamatan Banjaranyar rumah Sahwar, (rusak ringan) Dusun Merjan, Desa aratawangi, Kecamatan Banjarsari, rumah Surudin, Samingan, Warsah, (rusak ringan), Dusun Cangkring, Desa Ratawangi, Kecamatan Banjarsari rumah milik Suyatman (rusak ringan).

Dusun Tegalsari, Desa Cicapar, Kecamatan Banjarsari rumah ujang Sutarmana (rusak ringan), Perum Jati indah Blok C2 rumah Yuda, luka ringan (mengungsi), Dusun Tugusari, Desa Sukamukti, Kecamatan Pamarican rumah milik Nadikun (rusak ringan), Dusun Kertajaga, Desa Sukamaju, Kecamatan Pamarican rumah milik Sain rusak sedang (mengungsi), Dusun Desa, Desa Sukamaju, Kecamtan Ciahurbeuti rumah milik Suhro, (mengungsi).

Kepala Pelaksana BPBD Kota Tasikmalaya, Ucu Anwar mengatakan, satu orang mengalami luka ringan akibat terjatuh, ketika sedang menyelamatkan diri ketiga getarannya cukup kuat hingga banyak orang berlarian ke lokasi yang lebih aman.

"Berdasarkan laporan sementara yang telah masuk rumah yang mengalami kerusakan di Kampung Awipari Kulon, Cikawung, Kelurahan Awipari, Kampung, Ciherang, Kecamatan Cibeureum, Kampung Sindangreret, Kelurahan Tamanjaya, Kecamatan Tamansari, Kampung Cibungkul, Kelurahan Sukamajukaler, Kecamatan Indihiang. Akan tetapi, petugas BPBD masih melakukan pendataan dan mudah-mudahan jumlahnya tidak banyak," paparnya. (Z-3)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat