visitaaponce.com

Ada Potensi Gempa Intraslab Serupa di Garut Jawa Barat

Ada Potensi Gempa Intraslab Serupa di Garut Jawa Barat
Ilustrasi.(ANTARA/UMARUL FARUQ)

DOSEN Fakultas Teknik Pertambangan dan Perminyakan Institut Teknologi Bandung (ITB) Endra Gunawan menjelaskan potensi terjadinya gempa bumi serupa di Kabupaten Garut Jawa Barat dengan magnitudo lebih besar bisa terjadi karena lempeng Australia ada sepanjang selatan Pulau Jawa.

"Kalau dalam konteks potensi gempa yang lebih besar, ada potensi gempa serupa sebab lempeng Australia ini memanjang sepanjang selatanJawa, juga ada zona megathrust di atasnya," ujar dia.

Gempa intraslab adalah gempa akibat adanya aktivitas deformasi batuan dalam lempeng Indo-Australia yang tersubduksi di bawah lempeng Eurasia di selatan Jawa barat atau populer disebut sebagai gempa dalam lempeng.

Baca juga : BMKG: Gempa Garut Bersifat Merusak

Senada dengan Endra, Peneliti Pusat Riset Geoteknologi, Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Nuraini Rahma Hanifa menjelaskan dalam konteks potensi gempa yang lebih besar, bisa dengan magnitudo sama, atau lebih besar ataupun lebih kecil dari sepanjang selatan Jawa

"Sebab lempeng australia ini memanjang sepanjang selatan Jawa," ucapnya.

Ia mencontohkan gempa di Tasikmalaya tahun 2009 juga merupakan gempa intraslab di selatan Jawa. Selain itu juga ada zona megathrust bidang ada lempeng Australia ini, pada pertemuan lempeng Australi dan Eurasia.

Meski begitu dalam konteks gempa susulan, pasti lebih kecil dari gempa utama. jika gempa susulan lebih besar dari gempa pertama, maka gempa pertama adalah gempa pendahuluan (foreshock), dan gempa yang lebih besar adalah gempa utamanya (mainshock).

"Jadi gempa utama adalah gempa dengan magnitudo paling besar dalam satu rangkaian event gempa dengan sumber yang sama," pungkasnya. (Z-6)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat