visitaaponce.com

Bupati Bandung Ingatkan Pertanggungjawaban Dana Hibah untuk KONI dan Cabor

Bupati Bandung Ingatkan Pertanggungjawaban Dana Hibah untuk KONI dan Cabor
Bupati Bandung Dadang Supriatna mengingatkan soal pertanggungjawaban dana hibah(DOK/DISINFOKOM KABUPATEN BANDUNG)

BUPATI Bandung Dadang Supriatna mengingatkan pengurus Komite Olahraga Nasional Indonesia dan pengurus cabang olahraga untuk melaksanakan tertib administrasi dalam mengelola keuangan. Pasalnya, dana hibah dari Pemerintah Kabupaten Bandung harus dipertanggungjawabkan penggunaannya.

"Saya tekankan kepada pengurus KONI dan pengurus cabor untuk tertib administrasi dalam mengelola dan mempertangungjawabkan dana hibah dari Pemkab Bandung melalui Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) dan KONI. Sehebat apapun prestasi olahraga kita, belum bisa dikatakan sempurna dan sukses, apabila pertanggungjawaban keuangan dan administrasinya tidak beres," paparnya, saat memberikan arahan kepada ratusan pengurus KONI Kabupaten Bandung dan pengurus cabor, Senin (6/5).

Bupati yang akrab disapa Kang DS itu berpesan kepada pengurus KONI maupun pengurus cabor untuk lebih berdisiplin dalam pengelolaan keuangan. "Jangan sampai menunda-nuda menyampaikan laporan pertanggungjawaban, setelah menerima hibah dari Pemkab Bandung melalui KONI dan Dispora."

Baca juga : DKI Jakarta Butuh Rp450 Miliar untuk Ikut PON 2020 di Papua

Apalagi, lanjutya, saat ini semua pencairan dana dilakukan dengan transaksi non tunai (TNT), sehingga sangat memudahkan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) untuk melakukan pemeriksaan.

"Begitu pula dana hibah yang diberikan KONI ke cabor dilakukan by tranfer, maka cabor wajib menyampaikan laporan pertanggungjawabannya. Berapa yang diterima oleh cabor dan dipakai apa saja, segera sampaikan laporan pertanggungjawabannya ke KONI," tandasnya.

Kendati demikian, Bupati Bedas itu berharap dan optimistis semua cabor dan pengurus KONI akan terus melakukan perbaikan dalam laporan pertanggungjawaban pengelolaan dana hibah. Diharapkan tingkat kepercayaan pun meningkat dan Pemkab Bandung dapat terus menambah dana hibah dari tahun ke tahun.

Baca juga : Menpora Sebut Tak Tahu Soal Besaran Dana Hibah ke KONI

Ketua KONI Kabupaten Bandung Yana Suryana menambahkan, untuk meningkatkkan tertib administrasi itu pihaknya telah menggelar Bimbingan Teknis Tata Kelola Keuangan Pengadministrasian dan Pelaporan Dana Hibah Koni Kabupaten Bandung 2024. Bimtek diikuti 27 cabor dengan total 54 peserta.

Dia menjelaskan bimtek digelar karena selain untuk sukses mengejar prestasi, tujuan KONI juga ingin sukses tertib administrasi dalam mengelola dana hibah. Tahun ini, KONI mendapat dana hibah sebesar Rp12,5 miliar dari APBD Kabupaten Bandung.

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Sugeng

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat