visitaaponce.com

Pemprov Jawa Barat Dukung Pengolahan Sampah Jadi Energi Baru Terbarukan

Pemprov Jawa Barat Dukung Pengolahan Sampah Jadi Energi Baru Terbarukan
Pengolahan sampah di TPS3R Ence Azis Kota Bandung(DOK/PEMPROV JAWA BARAT)

PEMERINTAH Kota Bandung mengembangkan tempat pengelolaan sampah dengan metode reduce reuse recyle (TPS3R) Di Ence Azis, Kawasan Gardu Jati. Pemerintah Provinsi Jawa Barat mendorong TPS3R disiapkan lagi di tiga lokasi, yakni Jalan Indramayu, Antapani; Babakan Siliwangi dan Batununggal.

"Saya minta kabupaten dan kota lain terus mengakselerasi pembangunan TPS3R. Di lokasi ini, sampah diolah menjadi energi baru terbarukan seperti refuse derived fuel (RDF) yang dibutuhkan dan bisa dijual ke pabrik-pabrik pengolahan," ungkap Penjabat Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin di TPS3R Ence Azis, Senin (13/5).
 
Dia mencontohkan Kota Bandung yang mengembangkan sampah nonorganik menjadi RDF.

Di TPS3R Ence Azis dapat mengolah sampah sampai 6 ton per hari selama delapan jam. Jumlah itu bisa ditingkatkan menjadi 10 ton sampah per hari.

Baca juga : Casting Film Dilan 1983: Wo Ai Ni Butuh Setahun hingga ke Amerika

Untuk membuat satu TPS3R membutuhkan anggaran sekitar Rp3 miliar. "Intinya kami ingin sampah itu tuntas di tahun ini, minimal di Kota Bandung sebagai percontohan untuk kota kabupaten lainnya di Jabar," tambah Bey.

Karena itu, Pemprov Jawa Barat mendukung Pemkot Bandung segera menyiapkan tiga lokasi TPS3R lain, yakni di Jalan Indramayu (Antapani), Babakan Siliwangi, dan Batununggal.

"TPS3R Ence Azis menjadi pemicu. Kalau sudah berjalan, semoga ada swasta yang mau masuk," tandasnya.

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Sugeng

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat