visitaaponce.com

IMI Jabar Incar 4 Medali Emas di PON 2024

IMI Jabar Incar 4 Medali Emas di PON 2024
Rapat Kerja Provinsi (Rakerprov) IMI 2023.(MI/NAVIANDRI)

IKATAN Motor Indonesia (IMI) Jawa Barat optimistis bisa meraih 4 medali emas di Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024 yang akan diadakan di Aceh-Sumatera Utara (Sumut). Angka itu melampaui target yang ditetapkan oleh Komite Nasional Olahraga Indonesia (KONI) Jabar, yakni 2 medali emas.

Pada PON XII 2024, sebanyak 8 medali emas akan diperebutkan dalam cabang olahraga (cabor) balap motor.

"Kami bertekad meraih 4 medali emas atau melampaui target yang ditetapkan KONI Jabar sebanyak 2 medali emas. Memang target tersebut cukup berat, Namun, kami tetap optimis karena IMI memiliki atlet-atlet yang handal dan siap berlomba dan bekerja keras untuk meraih 4 medali emas yang kami targetkan," kata Ketua Ikatan Motor Indonesia (IMI) Jabar Daniel Muttaqien Syafiuddin dalam acara Rapat Kerja Provinsi (Rakerprov) IMI 2023 pada Rabu (22/6).

Baca juga : KONI pastikan PON tetap digelar September 2024

Terkait dengan pelaksanaan Rakerprov ini,  lanjut Daniel, bahwa kegiatan ini merupakan kewajiban organisasi dan sudah jadi kalender rutin IMI.

Pada Rakerprov 2024 ini, ada 2 hal yang jadi pembeda dibandingkan Rakerprov sebelumnya. Pertama, IMI fokus pada persiapan PON XII tahun 2024 Aceh-Sumut. Kedua, daerah-daerah yang tadinya hanya koordinator wilayah (korwil) kini telah ditingkatkan jadi pengurus cabang (Pengcab).

"Dan IMI Jabar juga tengah merapatkan barisan guna menyukseskan visi besar KONI Jabar, yakni menjadi juara umum PON untuk ke tiga kalinya secara berturut-turut. Untuk diketahui pada PON XIX/2016 di Jabar kita juara umum, lalu juara lagi pada PON XX/2020 di Papua. Dan kini berupaya keras agar PON 2024, juara umum tetap menjadi milik Jabar," beber Daniel yang juga merupakan Ketua Harian DPD Partai Golkar Jabar.

Baca juga : KONI Riau Dorong Atlet tetap Latihan saat Ramadan

Daniel menjelaskan, bahwa olahraga bermotor merupakan kegiatan yang masif, bahkan jika dibandingkan dengan sepakbola sekalipun. Karena jika pertandingan sepak bola hanya diikuti 22 pemain yang berhadap-hadapan, di balapan motor bisa ratusan peserta yang terlibat dalam sekali event. Berbeda dengan cabang olahraga lain yang cenderung mengejar prestasi, olahraga bermotor punya misi lain, yakni menyelamatkan generasi muda.

"IMI adalah soal penyelamatan anak muda. Karena hampir dipastikan anak-anak muda ini senang dunia otomotif. Energi mereka melimpah. Kalau tidak disalurkan, mereka bisa ikutan balap liar. Melihat ini, IMI mengajak pemerintah untuk hadir memfasilitasi energi generasi muda ini," imbuhnya.

Daniel juga menegaskan, jika pemerintah saat ini menggelontorkan dana ratusan milyar untuk membangun stadion sepakbola. Atensi untuk olahraga otomotif tidak perlu sebesar itu. Walaupun manfaatnya dan penyebaran olahraga ini jauh lebih besar ketimbang sepak bola.

Pada Rakerprov IMI 2023 hadir juga Wakil Ketua Umum IMI Pusat, Perwakilan KONI Jabar, seluruh pengcab IMI serta ratusan klub anggota IMI Jabar. Dalam Rakerprov ini, IMI juga dengan memberikan penghargaan (IMI Award) kepada para pelaku olahraga otomotif yang telah menunjukkan prestasi gemilang. (Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat