visitaaponce.com

Hadapi Kemarau, BPBD Kabupaten Tasikmalaya Siapkan 7 Armada Truk Tanki Air Bersih

Hadapi Kemarau, BPBD Kabupaten Tasikmalaya Siapkan 7 Armada Truk Tanki Air Bersih
Pendistribusian air bersih dilakukan Pemkab Tasikmalaya untuk membantu warga yang mengalami krisis air bersih(MI/KRISTIADI)

BADAN Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Tasikmalaya menyiapkan tujuh armada untuk mengantisipasi kebutuhan air bersih bagi masyarakat saat masuk musim kemarau. Kebutuhan air bersih sangat diperlukan di sejumlah wilayah yang rawan mengalami krisis air bersih.

"BPBD akan tetap siaga menghadapi musim kemarau yang sudah mulai terjadi di beberapa wilayah. Untuk sekarang ada sebagian kecamatan sudah meminta air bersih supaya dikirim seperti di Kecamatan Cineam," papar Kepala Seksi Kedaruratan BPBD Kabupaten Tasikmalaya Dede Sudrajat, Jumat (7/6).

Dia mengatakan, memasuki musim kemarau tahun ini harus diantisipasi mengingat di Kabupaten Tasikmalaya ada beberapa wilayah yang rawan kekeringan. Termasuk di antaranya lahan persawahan yang berpotensi gagal panen akibat kekeringan.

Baca juga : Kota Tasikmalaya Cari Solusi Jangka Panjang Atasi Kekeringan

Pemerintah, lanjutnya akan tetap berupaya membantu warga dengan mendistribukan air supaya kebutuhan tersebut terpenuhi.

"Untuk kendaraan yang akan disiapkan nanti jumlahnya mencapai 6 unit berasal dari BPBD, Perumda Tirta Sukapura, dan PUPR. Warga diminta jeriken dan bak untuk menampung air," tambah Dede.

Untuk lahan persawahan, ungkapnya, ada bantuan mesin pompa air untuk menarik air dari sungai melalui saluran irigasi.

Baca juga : Debit Air Objek Wisata Situ Gede Kota Tasikmalaya Menyusut Drastis

Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3) Kota Tasikmalaya, Adang Mulyana mengatakan, memasuki musim kemarau, pemerintah sudah memberikan bantuan 4 unit pompa air bagi petani di Kecamatan Kawalu.

"Kami masih mengajukan kembali bantuan 50 unit ke Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan Kementerian Pertanian. Pengajuan pompa air tersebut, mengantisipasi kekeringan lahan," tandasnya.

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Sugeng

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat