visitaaponce.com

Duh 17 TPS Pemilu di Bengkulu Rawan Banjir

Duh! 17 TPS Pemilu di Bengkulu Rawan Banjir
Ilustrasi(MI)

SEBANYAK 17 Tempat Pemungutan Suara (TPS) Pemilu 2024 yang tersebar ditiga kecamatan di Kota Bengkulu, Provinsi Bengkulu, masuk kategori rawan banjir .

Sebanyak 17 TPS yang tersebar ditiga dari sembilan kecamatan di Kota Bengkulu, Provinsi Bengkulu, masuk kategori rawan banjir pada Pemilu 2024.

Komisioner KPU Kota Bengkulu Anggi Stephensen di Bengkulu, mengatakan, sebanyak 17 TPS yang tersebar ditiga dari sembilan kecamatan di Kota Bengkulu, Provinsi Bengkulu, masuk kategori rawan banjir.

Baca juga : 3 TPS di Bengkulu Gelar PSU, 1 TPS Sepi Pemilih

"Dari hasil pemetaan, sebanyak 17 TPS yang rawan banjir tersebar di tiga kecamatan di Kota Bengkulu, baik itu lokasi TPS atau akses jalan menuju lokasi pemilihan," katanya.

KPU saat ini, lanjut dia, masih mengkaji masukan dari BPBD, Polres dan Bawaslu, apakah bertahan atau menggunakan alternatif lainnya.

Ke 17 TPS yang rawan banjir tersebut berada di Kelurahan Lempung, Kecamatan Ratu Agung, Kelurahan Bentiring dan Kelurahan Rawa Makmur Kecamatan Muara Bangkahulu, serta Kelurahan Tanjung Agung dan Kelurahan 
Tanjung Jaya Kecamatan Sungai Serut.

Baca juga : 5 TPS di Bengkulu akan Gelar PSU

Setelah melakukan pengecekan bersama pihak kepolisian dan pihak terkait lainnya maka TPS yang berada ditiga kecamatan masuk kategori rawan banjir.

"Terkait nantinya ada TPS yang masuk kategori rawan  banjir akan dilakukan pendataan terlebih dahulu sebelum mengambil keputusan untuk dipindahkan atau tidak," imbuhnya.

KPU, kata dia, bersama aparat Kepolisian Polresta Bengkulu, Bawaslu, dan unsur terkait lainya telah melakukan pengecekan TPS rawan banjir.

Baca juga : 27 Ribu Pemilih di Demak akan Ikuti Pemilu Susulan

Pengecekan ini dilakukan mengingat beberapa wilayah dalam Kota Bengkulu, memiliki kerawanan banjir, saat kondisi musim hujan.

Saat ini, KPU telah mendatangi beberapa lokasi, untuk mengecek satu per satu lokasi TPS yang diperkirakan menjadi titik rawan banjir. Setidaknya ada tiga kecamatan di Kota Bengkulu yang rawan banjir sehingga perlu koordinasi dengan semua pihak agar pelaksananya nanti dapat berjalan dengan baik.

Pemetaan TPS rawan banjir ini sangat perlu dilakukan untuk suksesnya penyelenggaraan pemilu mendatang.

Baca juga : 12 TPS di Jakarta Gelar Pemilu Susulan pada 18 Februari

Pada pelaksanaan Pemilu nanti, tidak bisa ditunda sehingga harus dipastikan TPS aman dan dapat digunakan.

KPU harus pastikan TPS aman saat Pemilu mendatang dan jika tidak memungkinkan maka akan di relokasi ke tempat yg lebih aman.

Pada Pemilu mendatang, untuk Daftar Pemilih Tetap (DPT) Kota Bengkulu, sebanyak 270.194 orang.

Dari 270.194 orang tersebut terdiri dari 132.661 pemilih laki-laki dan 137.533 pemilih perempuan tersebar di 67 kelurahan dan 985 TPS. (Z-4)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat