visitaaponce.com

RS Dewi Sartika Kawalu Ditargetkan Beroperasi April 2024

RS Dewi Sartika Kawalu Ditargetkan Beroperasi April 2024
Rumah Sakit Dewi Sartika di Kawalu, Tasikmalaya, masih dalam proses pembangunan(MI/KRISTIADI)

PEMBANGUNAN Rumah Sakit Dewi Sartika di Kota Tasikmalaya, sudah memasuki tahap akhir. Rumah sakit ini ditargetkan akan beroperasi di pada April 2024.

Keberadaan rumah sakit tipe D tersebut, digunakan untuk melayani masyarakat setelah sebelumnya digunakan perawatan bagi pasien covid-19.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya Uus Supangat mengatakan, pihaknya sudah memantau langsung ke lapangan, terutama melihat progres pembangunan RS Dewi Sartika bersama Kejaksaan Negeri.

Mereka menargetkan pembangunan sudah harus selesai pada pertengahan Desember 2023.

"Pembangunan RS Dewi Sartika akan terus dilakukan secara bertahap dan diharapkan RS bisa beroperasi sesuai target pada April 2023. Rencananya menjadi rumah sakit tipe C. Namun sekarang ini operasional pemenuhan masih dijalankan sebagai rumah sakit tipe D," katanya, Senin (30/10).

Uus mengatakan, RS Dewi Sartika sudah memenuhi standar operasional rumah sakit tipe D karena saat pandemi sempat digunakan untuk tempat perawatan pasien covid-19. Sejumlah peralatan sudah tersedia dan dapat digunakan untuk sementara waktu.

Namun, Dinas Kesehatan secara bertahap menyelesaikan pembangunan dan melengkapi alat kesehatan yang belum ada supaya semua lengkap.

"Untuk sumber daya manusia (SDM) selama ini sudah ada 95 aparatur sipil negara (ASN) yang siap ditempatkan di RS Dewi Sartika. Mereka terdiri dari perawat, dokter, bidan dan yang lainnya. Akan tetapi, untuk struktur organisasi dan perizinan operasional RS Dewi Sartika secepatnya keluar agar Januari 2024 sudah bisa dilakukan soft launching dan April bisa operasional," ujar Uus.

Menurutnya, setelah RS Dewi Sartika selesai akan fokus menyelesaikan kembali pembangunan RS tipe D di Purbaratu, yang sudah direncanakan. Sejumlah warga meminta supaya pembangunan fasilitas rumah sakit segera dilanjutkan.

Namun, perencanaan akan dilakukan 2024 dan dilanjutkan 2025 dengan harapan mendapat bantuan anggaran dari Pemerintah Provinsi Jabar maupun Kementerian.

"Untuk pembangunan Rumah Sakit (RS) Tipe D Purbaratu belum ada kelanjutan karena tidak ada anggaran. butuh biaya besar mencapai Rp10 miliar lebih dan harus merelokasi puskesmas. Di RS Dewi Sartika, Kawalu, anggaran dialokasikan sebesar Rp4 miliar hingga Rp5 miliar," pungkasnya. (SG)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Sugeng

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat