visitaaponce.com

Cianjur Mendapat Penghargaan Kabupaten Sehat

Cianjur Mendapat Penghargaan Kabupaten Sehat
Bupati Cianjur Herman Suherman (keempat dari kanan) bersama sejumlah elemen memperlihatkan penghargaan Swasti Saba Wiwerda(MI/BENNY BASTIANDY)

PEMERINTAH Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, dianugerahi penghargaan Swasti Saba Wiwerda. Penghargaan tersebut diberikan pemerintah pusat kepada pemerintah daerah yang dinilai berhasil menyelenggarakan kota dan kabupaten sehat.

Penghargaan diserahkan pada ajang Tanda Penganugerahan Swasti Saba
Kabupaten/Kota Sehat dan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat 2023 di
Jakarta, Selasa (28/11). Bupati Cianjur Herman Suherman menerima langsung penghargaan tersebut.

"Alhamdulillah berkat kerja keras semua pihak, akhirnya Kabupaten Cianjur bisa mendapatkan penghargaan Swasti Saba Wiwerda sebagai kabupaten sehat. Bagi kami, penghargaan ini merupakan wujud komitmen pemerintah kabupaten menjadikan Cianjur sebagai daerah yang sehat dan layak untuk dihuni," kata Herman, Rabu (29/11).

Menurut dia, pola hidup sehat merupakan kebutuhan masyarakat yang harus
diimplementasikan pada kehidupan sehari-hari. Karena itu, hidup sehat merupakan sesuatu yang tidak bisa ditawar. "Suatu kewajiban atau keharusan bisa menerapkan hidup sehat," tegasnya.

Herman pun mengharapkan komitmen masyarakat bisa menerapkan pola hidup
bersih dan sehat sebagai bentuk tanggung jawab terhadap penghargaan yang telah diterima. Ia berharap penghargaan jadi motivasi bagi masyarakat bisa menjaga lingkungan yang sehat.

"Ke depan kita ingin Kabupaten Cianjur bisa lebih baik lagi, terutama dalam hal penataan kota. Misalnya jangan lagi ada masyarakat yang membuang air besar ke selokan atau sungai. Solusinya, di setiap rumah harus tersedia WC atau kamar mandi," ujarnya.

Bagi dia, penghargaan yang diterima menjadi momen kebangkitan
meningkatkan derajat kesehatan masyarakat Kabupaten Cianjur. Herman
berterima kasih kepada semua pihak yang sudah bekerja keras mewujudkan
Kabupaten Cianjur sebagai kabupaten/kota sehat.

"Penghargaan ini kami persembahkan untuk seluruh masyarakat Kabupaten
Cianjur dan teman-teman serta pihak-pihak yang terlibat yang telah bekerja keras," pungkasnya.

Terdapat sembilan tatanan yang menjadi kriteria penilaian Kabupaten/Kota Sehat. Kesembilan tatanan itu yakni kehidupan masyarakat sehat mandiri, permukiman dan rumah peribadahan, pasar rakyat, satuan pendidikan, pariwisata, transportasi dan tertib lalu lintas, perkantoran dan perindustrian, perlindungan sosial, serta pencegahan dan penanganan bencana. (SG)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Sugeng

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat