visitaaponce.com

Amankan Pilkades Subang, Polisi Kerahkan 723 Personel

Amankan Pilkades Subang, Polisi Kerahkan 723 Personel
Persiapan pengamanan pemilihan kepala desa serentak di Kabupaten Subang(MI/REZA SUNARYA)

POLRES Subang mengawasi 9 desa rawan konflik dalam pelaksanaan pemilihan kepala desa yang akan digelar Minggu (3/12). Untuk Menjaga keamanan hajatan besar itu, mereka menurunkan 723 personel.

Kapolres Subang Ajun Komisaris Besar Ariek Indra Sentanu menyebutkan seluruh personel atau tim gabungan dalam pelaksanaan pengamanan pelaksanaan pilkades serentak sudah siap diterjunkan. Kapolres meminta jajarannya untuk menyiapkan mental dan fisik, dengan dilandasi oleh komitmen moral dan disiplin kerja yang tinggi, dalam memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat.

"Hindari sikap dan tindakan yang tidak simpatik dan arogan, yang tidak
mencerminkan karakter jati diri sebagai sosok pelindung, pengayom dan
pelayan masyarakat. Tentunya dengan melakukan deteksi dini dengan
mengoptimalkan peran fungsi intelijen dan bhabinkamtibmas untuk mengetahui dinamika dan fenomena yang berkembang di masyarakat, sehingga dapat diantisipasi sedini mungkin setiap permasalahan yang berpotensi menimbulkan gangguan kamtibmas," ujarnya, Jumat (1/12).

Ariek menyebutkan, seluruh personel harus tetap meningkatkan kewaspadaan dan pengamanan terhadap kemungkinan terjadinya aksi teror dan tindakan anarkistis lainnya, yang memanfaatkan momentum pemilihan kepala desa serentak di kabupaten subang.

"Laksanakan penggelaran kekuatan pada tempat-tempat konsentrasi massa. Di antaranya, tempat pemungutan dan penghitungan suara, maupun pada titik rawan kriminalitas serta kecelakaan lalu-lintas, sehingga mampu bertindak cepat guna memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat," ucapnya.

Kapolres Subang juga berpesan seluruh personel untuk tetap menjaga
netralitas selaku aparat keamanan, tidak terlibat dalam proses atau tahapan pilkades, tidak membantu atau turut serta dalam bentuk apapun dalam mendukung calon kades.

Sementara itu, Kabag Ops Polres Subang, Komisaris Iwan Setiawan mengatakan dalam pengaman pilkades, pihaknya menerjunkan sebanyak 723 personel untuk melakukan patroli di 22 desa yang melaksanakan pemilihan kepala desa serentak pada 2023.

Untuk titik rawan dalam pelaksanaan Pilkades serentak di Kabupaten Subang, hasil pemetaan ada 9 desa yang dianggap. Namun, dari 22 Desa yang menggelar pilkades, semuanya dikatagorikan rawan.

"Di 9 desa tersebut ada rawan demografi, rawan dengan jumlah DPT
terbanyak, rawan karena eforia masyarakat yang fanatik, serta rawan konflik. Salah satu yang rawan konflik berada di wilayah pantura Subang," pungkasnya. (SG)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Sugeng

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat