visitaaponce.com

Buntut Kecelakaan Kereta di Cicalengka, Wapres Minta SDM KAI Perlu Dievaluasi

Buntut Kecelakaan Kereta di Cicalengka, Wapres Minta SDM KAI Perlu Dievaluasi
Wakil Presiden Ma'ruf Amin (keempat kiri).(Antara/Asim)

WAKIL Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin menilai perlu dilakukan evaluasi yang menyeluruh terhadap petugas Kereta Api Indonesia (KAI). Hal ini buntut peristiwa kecelakaan Kereta Api Turangga dengan Kereta Api lokal di Cicalengka, Jawa Barat. 

"Perlu dikoreksi dimana letaknya, apa manusia human error ya atau ada ya pengaturan teknisnya," ujar Wapres di Istana Wapres, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jumat, 5 Januari 2023. 

Wapres menekankan apabila peristiwa berdarah ini karena human eror, harus ada seleksi ketat dalam merekrut petugas KAI. Sehingga, kejadian serupa tak terjadi kembali. 

Baca juga: Basarnas Siapkan Dua Skenario Evakuasi Gerbong KA Turangga dan Commuter Line Bandung

"Ke depan harus betul-betul lebih teliti lah. Ini nyawa manusia dan tentu kerugian-kerugian lainnya," jelasnya.

Wakil Kepala Negara menegaskan kecelakaan ini merupakan kejadian yang fatal. Ia menilai tidak seharusnya kecelakaan ini terjadi.

"Saya kira nggak boleh terjadi. Nah itu betul-betul menurut saya fatal," pungkasnya.

Baca juga: Evakuasi Masih Berlangsung, Korban Tewas Kecelakaan KA Turangga-CL Bandung Raya Jadi 4 Orang

Kereta Api Turangga dengan Kereta Api lokal tabrakan di km 181+700 petak jalan antara Stasiun Haurpugur-Stasiun Cicalengka pada Jumat, 5 Januari 2024 pukul 06.03 WIB. Sebanyak empat petugas KAI dilaporkan meninggal dunia.

"Kami sangat berduka atas meninggalnya sejumlah petugas KA akibat kecelakaan tersebut. Kami sangat mengapresiasi jasa mereka yang telah berkontribusi terhadap perusahaan," ucap EVP of Corporate Secretary KAI Raden Agus Dwinanto Budiadji dalam siaran pers.

Sementara itu, hingga kini tidak ada korban jiwa yang menimpa penumpang. Dari total penumpang KA Turangga sebanyak 287 orang dan KA Api lokal sebanyak 191 penumpang, ada sekitar 22 penumpang yang luka ringan dan telah dibawa ke Rumah Sakit terdekat, untuk mendapat perawatan.

Sebanyak 18 orang dibawa ke RSUD Cicalengka, dua orang ke RS Edelweis, dan dua orang lainnya ke RS AMC.

(Z-9)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat