visitaaponce.com

Wapres Sesalkan Kejadian Tabrakan Kereta Turangga-Bandung Raya

Wapres Sesalkan Kejadian Tabrakan Kereta Turangga-Bandung Raya
Wakil Presiden Ma'ruf Amin(MI/Emir Chairullah)

WAKIL Presiden Ma’ruf Amin menyesalkan terjadinya tabrakan KA Turangga dengan KA lokal Bandung Raya yang terjadi di jalur petak Stasiun Cicalengka-Haurpugur pada Jumat pukul 06.03 WIB tadi. 

Wapres mensinyalir adanya ketidaktelitian dalam pengoperasian jalur kereta api sehingga terjadi kecelakaan yang hingga saat ini menewaskan tiga orang tersebut.

“Wah itu, bahaya itu. Kita ini apa ya, apa kurang, apa kurang teliti gitu loh,” sesal Ma’ruf usai makan siang bersama wartawan di lingkungan Istana Wapres, Jumat.

Baca juga : Evakuasi Masih Berlangsung, Korban Tewas Kecelakaan KA Turangga-CL Bandung Raya Jadi 4 Orang

Ma’ruf menilai kecelakaan seperti itu bisa dihindari karena sangat fatal. “Karena itu ke depan harus betul-betul lebih teliti lah. Ini nyawa manusia dan tentu kerugian-kerugian lainnya,” ujarnya.

Apalagi, tambahnya, kecelakaan maut tersebut terjadi di lintasan kereta yang lebih jelas pengaturannya. Dirinya menduga ada sesuatu yang tidak sinkron dalam pengaturan lalu-lintas kereta. 

Baca juga : Kecelakaan KA, Pakar ITB Minta Jalur Ganda di Selatan segera Dituntaskan

“Kereta api ini kan ada, ada relnya, relnya itu pengaturannya kan. Berarti kan ada sesuatu yang tidak sinkron pengaturan sehingga terjadi terjadi tabrakan,” jelasnya.

Dirinya meminta pihak terkait segera menginvestigasi penyebab kecelakaan tersebut apakah akibat teknis atau persoalan human error. 

“Kalau human error harus ada yang bertanggung jawab,” pungkasnya. (Z-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat