visitaaponce.com

Angka Tengkes di Kabupaten Purwakarta Meningkat

Angka Tengkes di Kabupaten Purwakarta Meningkat
Penjabat Bupati Purwakarta Benni Irwan(DOK/KEMENTERIAN DALAM NEGERI)

TEMUAN tengkes (stunting) berdasarkan bulan penimbangan balita di Kabupaten Purwakarta masih berada di angka 2%. Sementara dari hasil survei kesehatan yang dilakukan Kementerian Kesehatan, angka tengkes naik dari 20,6% Menjadi 21,8%.

Penjabat Bupati Purwakarta Benni Irwan menyebutkan angka ini diperoleh dari penimbangan rutin yang dilaksanakan oleh kader di Posyandu. Hasil itu menjadi patokan dalam melakukan intervensi.

Dia mengakui hingga saat ini partisipasi masyarakat dalam penanganan tengkes belum menyeluruh. Untuk itu, hasil survei menjadi bahan evaluasi

Baca juga :  Pemkab Purwakarta Minta Partisipasi Masyarakat Turunkan Stunting

"Masih ada strategi yang perlu kita garap terkait intervensi spesifik dari Dinas Kesehatan dan intervensi sensitif dari organisasi perangkat daerah lainnya dalam penanganan stunting," ujarnya, Rabu (21/2).

Menurut Benni perlu dipersiapkan untuk melaksanakan kebijakan strategi
Kementerian Kesehatan saat ini, yakni transformasi sistem kesehatan. Ini merupakan upaya untuk mengubah sistem kesehatan yang sudah ada agar dapat lebih efektif dan efisien dalam memberikan pelayanan kesehatan.

"Stunting merupakan masalah gizi yang dihadapi oleh masyarakat di beberapa kelompok usia rawan, seperti remaja putri, calon pengantin, ibu hamil, bayi dan balita," tandasnya.

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Sugeng

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat