visitaaponce.com

Tertekan, Anggota KPPS di Garut Alami Gangguan Jiwa

Tertekan, Anggota KPPS di Garut Alami Gangguan Jiwa
Pemilihan Umum di salah satu TPS di Kabupaten Garut(DOK/DISKOMINFO GARUT)

SEORANG petugas kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS) di Kecamatan Wanaraja, Kabupaten Garut, harus mendapat perawatan di rumah sakit jiwa (RSJ) Bandung. Petugas tersebut memiliki riwayat dan keturunan penyakit kejiwaan.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Garut Dian Hasanudin mengatakan, pihaknya telah mendapat laporan adanya seorang petugas KPPS di TPS Wanaraja yang harus dirawat di RSJ Bandung. Karena, penyakitnya kambuh dan sebelumnya harus dilarikan ke Puskesmas.

"Petugas KPPS di TPS Wanaraja yang dirawat di RSJ Bandung itu usianya masih muda. Yang bersangkutan langsung mendapat perawatan intensif di Bandung. Berdasarkan informasi dari keluarganya, petugas tersebut memiliki riwayat dan keturunan penyakit kejiwaan," katanya, Senin (26/2).

Baca juga : Bawaslu Garut Temukan Indikasi Perbedaan Hasil Suara di Kecamatan Cibatu

Dia mengatakan, petugas itu bertugas seperti biasa sebagai anggota KPPS di TPS. Penyakitnya kambuh diduga karena dia kelelahan dan mendapat tekanan dari pemantau.

"Pada hari pencoblosan informasinya dapat tekanan dari pemantau. Setelah selesai pencoblosan, penyakitnya kambuh dan ketika ketemu banyak orang dia mengalami trauma," ujar Dian.

Keluarga kemudian membawa sang petugas ke Puskesmas Wanaraja untuk mendapat penanganan. Kemudian dia dibawa ke RSJ Bandung oleh pihak keluarga bersama pemerintah desa untuk mendapat perawatan lanjutan.

Baca juga : Dugaan Kecurangan Pilpres, Puluhan Surat Suara sudah Dicoblos

Namun, yang bersangkutan harus dirawat di RSJ Bandung. Biaya perawatawan dan pengobatannya ditanggung pemerintah.

"Kita pastikan bersangkutan dalam proses perawatan dan biayanya sudah ditanggung pemerintah. Mudah-mudahan petugas tersebut bisa kembali sembuh dan bisa beraktivitas lagi," pungkas Dian.

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Sugeng

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat