visitaaponce.com

Kota Bandung Pecahkan Rekor Permainan Angklung 12 Jam Nonstop Terlamadi Indonesia

Kota Bandung Pecahkan Rekor Permainan Angklung 12 Jam Nonstop Terlamadi Indonesia
Kota Bandung, Jawa Barat, berhasil memecahkan rekor bermain angklung terlama selama 12 jam non-stop.(Dok.diskominfo)

KOTA Bandung Jawa Barat (Jabar) berhasil memecahkan rekor bermain angklung terlama, yakni 12 jam. Atas pemecahan rekor tersebut, Original Rekor Indonesia (ORI), memberikan penghargaan, Sabtu (8/6), dalam puncak acara 12 Jam Bandung Ngurulung Angklung. 

Kegiatan ini melibatkan sekitar 56 grup angklung dari setiap perwakilan sanggar, komunitas dan sekolah.

Pemkot Bandung mendukung penuh berbagai aktivitas yang dapat melestarikan dan memperluas pengenalan budaya, khususnya bagi perkembangan angklung di mata masyarakat baik di kota Bandung dan juga nasional.

Baca juga : Lima Kendaraan Terlibat Kecelakaan di Purwakarta, Dua Meninggal Dunia

"Pemkot juga mengajak seluruh peserta dan masyarakat untuk terus melestarikan budaya angklung, baik melalui kegiatan seni. Maupun kegiatan lainnya yang dikemas oleh aspek inovasi dan kreativitas. Hal itu agar eksistensi angklung dapat terjaga dan terus berkembang dari zaman ke zaman," terang Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kota Bandung, Eric M Attauriq.

Menurut Eric, pemkot mendorong keterlibatan aktif aspek pemerintah dengan seluruh Masyarakat. Sebagai upaya menjalin kolaborasi dan sinergisitas dalam mewujudkan Kota Bandung maju berkelanjutan.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Bandung Arif Syaifudin menyebut, sejumlah upaya yang akan dilakukan Pemkot Bandung dalam melestarikan angklung, antara lain dengan menyiapkan Surat Edaran (SE), agar angklung dapat diperkenalkan di kafe atau resto yang ada di  Kota Bandung.

Baca juga : Siswi SMP di Bandung Tewas usai Dianiaya Dua Temannya

"Kami telah memecahkan rekor. Sebagai upaya pelestarian, kami kini tengah menyusun SE, agar angklung dapat diperkenalkan. Baik di kafe atau pun di resto yang ada di Kota Bandung," tuturnya.

Pada kesempatan tersebut, pembacaan ketetapan rekor dan penyerahan penghargaan diberikan oleh President ORI, Guruh Susanto. Ia juga menyampaikan selamat atas pencapaian yang diraih Kota Bandung. 

"Pemecahan rekor bermain angklung terlama selama 12 jam non stop dalam rangka Bandung Kota Angklung 2024, kami nyatakan berhasil dan keberhasilan ini tertuang dalam penghargaan yang ORI keluarkan," ujarnya.

Kegiatan 12 Jam Bandung Ngurulung Angklung berlangsung sejak pukul 06.30 WIB sampai 20.30 WIB, mulai Sabtu (8/6) malam. Ribuan pengunjung silih berganti menikmati sajian pertunjukkan angklung dari 56 seniman. Selain itu, tersedia juga berbagai lapak UMKM yang berjualan sepanjang acara berlangsung. (Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat