visitaaponce.com

4 Cara Menghapus Akun Instagram Tanpa Ribet, Hanya dalam Hitungan Menit

4 Cara Menghapus Akun Instagram Tanpa Ribet, Hanya dalam Hitungan Menit!
Ilustrasi cara menghapus akun Instagram(Freepik)

Cara menghapus akun Instagram secara cepat mungkin akan kamu butuhkan ketika ingin beristirahat dari menggunakan media sosial, khususnya Instagram.

Instagram sendiri merupakan platform media sosial yang menyediakan kesempatan bagi penggunanya untuk berbagi foto dan video, serta saling berkomunikasi secara onine dan berinteraksi dengan konten yang dibagikan oleh pengguna lain.

Media sosial ini memiliki fitur-fitur yang bisa penggunanya manfaatkan untuk mengunggah foto yang menggunakan berbagai filter, efek, ataupun editan lainnya.

Baca juga : Meta Uji Coba Fitur Trending Topics di Threads

Instagram juga memberi kesempatan para penggunanya untuk berbagi foto atau video dengan durasi singkat yang hanya dapat dilihat selama 24 jam, hingga mengirim pesan langsung kepada sesama pengguna.

Namun, beberapa orang mungkin merasa tidak nyaman dengan jumlah informasi pribadi yang telah mereka bagikan di platform tersebut, sehingga mempertimbangkan untuk menghapus akun Instagram.

Beberapa pengguna mungkin juga melakukan cara menghapus akun Instagram karena terjadinya peretasan akun oleh pihak tertentu dan ingin membuat akun Instagram baru.

Baca juga : Instagram Meluncurkan Fitur Flipside! Ini Dia Cara Mengaktifkannya

Menghapus akun Instagram berarti semua informasi terkait profil, pengikut, foto, hingga video yang pernah diunggah akan hilang, kecuali jika sebelumnya kamu telah mengunduh salinan foto dan video dari Instagram.

Alasan Umum untuk Menghapus Akun Instagram:

- Alasan Privasi
Menghapus akun Instagram bisa menjadi langkah untuk menjaga privasi mereka, terutama jika mereka khawatir dengan keamanan data atau ingin membatasi akses publik terhadap informasi pribadi mereka.

Baca juga : 8 Cara Download Video di Instagram Anti Ribet, Tanpa Aplikasi

- Waktu dan Produktivitas
Media sosial seperti Instagram bisa menjadi pengalih perhatian yang besar. Beberapa pengguna Instagram mungkin akan merasa telah menghabiskan terlalu banyak waktu untuk menjelajahi platform tersebut. Mereka mungkin ingin lebih fokus pada hal-hal yang lebih produktif, seperti pekerjaan, hobi, atau hubungan pribadi.

- Kesehatan Mental
Beberapa orang mungkin merasa terbebani oleh tekanan sosial yang secara tidak langsung muncul karena membuka platform Instagram. Tekanan sosial tersebut misalnya perbandingan diri, kecemasan sosial, perasaan negatif, atau bahkan tidak merasa aman (insecure), yang dipicu oleh konten yang mereka lihat. Menghapus akun Instagram mungkin bisa menjadi langkah untuk mengurangi stres dan meningkatkan kesehatan mental.

- Alasan Etis atau Filosofis
Ada juga beberapa orang yang memilih untuk menghapus akun mereka sebagai bagian dari gerakan anti-media sosial atau karena alasan etis tertentu, seperti keberatan terhadap praktik bisnis Instagram atau kekhawatiran tentang dampak media sosial terhadap masyarakat.

Baca juga : 6 Cara Mengembalikan Akun Instagram yang Kena Hack dan Email Diganti

- Konten yang Tidak Dapat Dikelola
Bagi beberapa pengguna Instagram, seperti selebgram, mengelola akun media sosial tersebut dapat menjadi beban yang cukup berat. Apalagi jika mereka memiliki pengikut atau penggemar yang banyak. Kondisi tersebut mengharuskan mereka harus terus-menerus menghasilkan konten, karena merupakan bagian dari pekerjaan. Menghapus akun Instagram mungkin bisa menjadi cara untuk mengurangi stres dan tekanan yang terkait dengan pekerjaan ini.

Cara Menghapus Akun Instagram

1. Menghapus Akun Melalui Situs Resmi Instagram

Cara Menghapus akun Instagram di browser melalui situs resminya sangatlah mudah dan tidak memakan waktu yang lama. Selain menghapus akun, kamu juga bisa membuat akun Instagram baru lewat situs resmi Instagram ini.

Langkah pertama yang perlu kamu lakukan untuk menghapus akun Instagram secara permanen adalah membuka halaman "Delete Your Account" melalui alamat "https://www.Instagram.com/accounts/remove/request/permanent/".

Baca juga : Gugatan Terbaru: Meta Dituduh Mengekspos Anak-anak di Facebook dan Instagram

Selanjutnya, kamu akan diminta untuk masuk terlebih dahulu ke akun Instagram di browser.

Jika sudah berhasil masuk, kamu bisa memilih alasan mengapa kamu ingin menghapus akun Instagram secara permanen pada kolom yang telah disediakan.

Terdapat sembilan alasan umum yang bisa kamu pilih, di antaranya adalah Khawatir dengan data pribadi, Terlalu sibuk/terlalu mengganggu, Kesulitan memulai, Tidak dapat menemukan orang untuk diikuti, Ingin menghapus sesuatu, Masalah privasi, Membuat akun kedua, Terlalu banyak iklan, dan Hal lainnya.

Baca juga : Pertama di Asia Tenggara, RedDoorz Jalankan Program Reseller

Kemudian, kamu akan diminta untuk memasukkan kembali kata sandi kamu.

Setelah mengetik kata sandi dengan benar, klik "Permanently Delete My Account" atau bisa juga klik "Delete [username Instagram]" untuk menghapus akun secara permanen.

2. Menghapus Akun Instagram via Handphone

Cara menghapus akun Instagram melalui handphone dapat dilakukan dengan perangkat iOS maupun Android. Urutan langkah yang harus kamu lakukan juga cukup sederhana dan mudah diikuti.

Baca juga : Chris Evans Ajak Penggemar Adopsi Anjing dari Rumah Penampungan

Pertama-tama, bukalah aplikasi Instagram yang ada di handphone. Pastikan bahwa kamu telah masuk ke akun yang ingin dihapus.

Selanjutnya, klik ikon profil yang letaknya berada di bagian kanan bawah layar, lalu tekan ikon garis-garis horizontal di kanan atas layar.

Pilih menu "Pengaturan dan privasi" atau "Settings and privacy" dalam bahasa Inggris.

Baca juga : Balasan Feed di Instagram Kini Bisa Diunggah ke Stories

Selanjutnya klik "Pusat Akun", lalu pilih "Detail pribadi" atau "Personal details".

Langkah berikutnya yaitu klik "Kepemilikan dan kontrol akun", lalu pilih "Penonaktifan atau penghapusan".

Jika kamu memiliki lebih dari satu akun, pilih dan klik akun yang ingin kamu hapus secara permanen. Terakhir, pilih "Hapus akun" dan klik "Lanjutkan".

Baca juga : John Legend Detoks Media Sosial

3. Menghapus Akun Instagram di PC

Selain menghapus akun secara permanen melalui situs resmi Instagram, kamu juga bisa melakukannya melalui akun Instagram pribadi yang diakses di browser PC atau komputer.

Cara menghapus akun Instagram ini hampir mirip dengan cara menghapus akun di handphone, yaitu dengan mengakses "Pusat Akun" atau "Accounts Center".

Langkah pertama yang perlu dilakukan yaitu masuk ke akun Instagram melalui browser di komputer.

Baca juga : Threads Tambahkan Fitur-Fitur Baru Untuk Perkuat Daya Tarik

Lalu, klik ikon garis-garis horizontal di sisi kiri bawah layar.

Pilih "Settings" atau "Pengaturan", lalu klik bagian "Accounts Center".

Nah, langkah selanjutnya sama dengan cara menghapus akun Instagram di handphone. Klik "Personal details", lalu pilih "Account ownership and control", dan dilanjutkan dengan klik "Deactivate or deletion".

Baca juga : Meta Wacanakan Biaya Berlangganan agar Facebook dan Instagram di Eropa Bebas Iklan 

Pilih akun yang ingin dihapus secara permanen, kemudian klik "Delete Account" dan "Continue".

Masukkan kata sandi Instagram, pilih alasan penghapusan akun, lalu klik "Continue".

Selanjutnya, kamu akan diminta untuk mengkonfirmasi penghapusan tersebut, lalu klik "Delete account"

Baca juga : Ragam Ukuran Feed Instagram Terbaru 2023, Square, Landscape, Vertikal, dan Portrait

4. Cara Menonaktifkan Akun Instagram Sementara

Jika kamu ingin rehat dari kegiatan bermedia sosial untuk sementara waktu, kamu mungkin bisa mengabaikan cara menghapus akun Instagram secara permanen yang telah dijelaskan sebelumnya.

Menonaktifkan akun Instagram secara sementara dapat kamu lakukan, agar kamu bisa kembali menggunakan akun tersebut suatu saat.

Dengan metode ini, akun Instagram kamu akan hilang untuk sementara waktu dari pencarian. Kamu pun bisa rehat sejenak, dan masuk lagi ke akun tersebut jika kamu ingin kembali bermedia sosial.

Baca juga : Meta Tampilkan Unggahan Threads di Instagram 

Penonaktifan akun Instagram sementara ini dapat dilakukan di handphone maupun di komputer melalui browser.

Langkah pertama yaitu pastikan bahwa kamu telah masuk ke akun yang ingin dinonaktifkan.

Selanjutnya, klik ikon profil, lalu pilih ikon garis-garis horizontal, dan berikutnya pilih menu "Settings" atau "Pengaturan dan privasi".

Baca juga : Sederet Perusahaan Minyak Bayar Influencer di Media Sosial

Selanjutnya klik "Accounts Center", lalu pilih "Personal details" atau "Detail pribadi".

Langkah berikutnya yaitu klik "Account ownership and control", lalu pilih "Deactivate or deletion".

Jika kamu memiliki lebih dari satu akun, pilih dan klik akun yang ingin kamu nonaktifkan sementara. Terakhir, pilih "Deactivate account" dan klik "Continue".

Baca juga : Meta akan Rilis Threads Versi Web

Itulah beberapa cara menghapus akun Instagram yang mudah dan efektif. Cara-cara tersebut bisa kamu lakukan, baik melalui handphone ataupun PC.

Menghapus akun Instagram mungkin bukanlah pilihan yang tepat bagi semua orang.

Penting untuk mempertimbangkan dengan matang alasan di balik keputusan menghapus akun secara permanen, dan memastikan bahwa itu adalah keputusan yang tepat bagi kebutuhan pribadi masing-masing pengguna.

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Angelina Alegowo

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat