visitaaponce.com

Lima Item Logistik Pemilu Tahap Pertama Sudah Diterima KPU Cianjur

Lima Item Logistik Pemilu Tahap Pertama Sudah Diterima KPU Cianjur
KPU Cianjur menggelar rapat koordinasi pendistribusian logistik pemilu(MI/BENNY BASTIANDY)

KOMISI Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Cianjur sudah menerima semua logistik Pemilu 2024 pada pengadaan tahap pertama. Setidaknya ada
lima item logistik yang sudah terdistribusikan di gudang KPU Kabupaten
Cianjur.

Divisi Perencanaan dan Logistik KPU Provinsi Jawa Barat, Hari Nazarudin, menuturkan sesuai rencana, pengadaan kebutuhan logistik Pemilu 2024 dibagi menjadi dua tahap pengadaan. Pada tahap pertama pengadaan, logistiknya terdiri dari kotak suara, bilik suara, tinta, segel, dan segel plastik.

"Semua logistik pada tahap pertama sudah diterima di gudang KPU Kabupaten Cianjur," kata Hari di sela kegiatan rapat koordinasi persiapan pendistribusian logistik Pemilu 2024, Rabu (6/12).

Sementara untuk pengadaan logistik tahap kedua terdiri dari surat suara, formulir, sampul (amplop), serta alat bantu disabilitas. Saat ini pengadaan logistik tahap kedua masih berproduksi.

"Tapi saya mendapat informasi, untuk surat suara DPR RI sudah masuk.
Sementara untuk surat suara DPRD Kabupaten Cianjur di enam dapilsudah hampir selesai. Tinggal distribusi ke gudang KPU Kabupaten Cianjur," tuturnya.

Untuk jumlah surat suara, kata Hari, disesuaikan dengan jumlah daftar
pemilih tetap (DPT) ditambah 2% di masing-masing TPS. Hari menuturkan
pendistribusian logistik sudah diatur Keputusan Komisi Pemilihan Umum Nomor 1395/2023 tentang Pedoman Teknis Tata Kelola Logistik Pemilihan Umum.

"Kami melakukan langkah-langkah strategis sesuai pedoman teknis tersebut," ucapnya.

Kondisi geografis

Hari tak memungkiri, kondisi geografis Kabupaten Cianjur terbilang cukup luar biasa. Artinya, Kabupaten Cianjur memiliki wilayah yang cukup luas terbagi menjadi 354 desa dan enam kelurahan yang tersebar di 32 kecamatan.

"Tentu saja ini harus menjadi perhatian khusus. Saya pun selalu
berkoordinasi dengan Sekretaris KPU Kabupaten Cianjur terkait dengan langkah-langkah khusus," katanya.

Salah satu langkah strategis yang harus dilakukan, lanjut Hari, misalnya mendahulukan pendistribusian logistik ke wilayah paling jauh. Langkah itu perlu dilakukan untuk mengantisipasi hal-hal yang bisa menjadi potensi gangguan pada pendistribusiannya. (SG)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Sugeng

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat