visitaaponce.com

Puting Beliung Hantam Majalengka, Puluhan Orang Harus Mengungsi

Puting Beliung Hantam Majalengka, Puluhan Orang Harus Mengungsi
Ilustrasi(Freepik)

SEBANYAK 24  jiwa di Desa Pasindangan, Kecamatan Jatitujuh, Kabupaten Majalengka, Provinsi Jawa Barat, terdampak bencana puting beliung.

Berdasarkan informasi yang berhasil dihimpun, terjangan angin  puting beliung terjadi di di Desa Pasindangan, Kecamatan Jatitujuh, Kabupaten Majalengka pada  Kamis (11/1) sekitar pukul 16.00 WIB. Kedatangan puting beliun itu didahului hujan yang turun dengan deras.

"Ada empat rumah dan satu toko rusak sedang, sedangkan satu rumah lainnya rusak ringan," tutur Penata Penanggulangan Bencana Ahli Muda BPBD Majalengka, Rezza Permana, Jumat (12/1). 

Baca juga : Dua Kecamatan di Sukabumi Diterjang Puting Beliung

Sedangkan dari hasil asesmen tidak ada korban jiwa dari kejadian tersebut, namun terdapat 24 jiwa atau enam kepala keluarga (KK) yang terdampak bencana itu. 

"Rata-rata korban bertahan di rumah masing-masing, namun ada satu keluarga  yang mengungsi ke rumah kerabatnya, karena rumahnya tertimpa pohon tumbang akibat puting beliung," tutur Rezza.

Baca juga : Banjir Rob Bayangi Pantura Jawa Tengah Hingga Akhir Januari 2024

Pohon yang tumbang berukuran cukup besar, dan hampir menutupi akses pintunya, sehingga para penghuni rumah tersebut kesulitan untuk keluar maupun masuk. 

Pohon tersebut juga menimpa kabel yang mengakibatkan terputusnya aliran listrik di kawasan tersebut, sehingga dikhawatirkan membahayakan penghuni rumah.

BPBD Majalengka dibantu TNI , Polri dan masyarakat bergotong royong membersihkan puing-puing yang berserakan sejak Kamis malam. Namun karena dikhawatirkan membahayakan keselamatan petugas dan masyarakat, pembersihan dilanjutkan hari ini. (Z-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat