visitaaponce.com

Bangun Konektivitas Antara Perguruan Tinggi dan Masyarakat Umum, Unisba Gelar Expo

Bangun Konektivitas Antara Perguruan Tinggi dan Masyarakat Umum, Unisba Gelar Expo
Universitas Islam Bandung (Unsiba) menggelar Unisba Expo dan merangkul masyarakat(DOK/HUMAS UNISBA)

UNIVERSITAS Islam Bandung (Unisba) menggelar Unisba Expo. Kegiatan itu terselenggara atas kolaborasi antara Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) berupa RESVEX 5th (Research And Community Service Expo) dengan Bagian Komunikasi dan Humas Unisba, yaitu CLUE (College Life & University Expo)

Acara digekar di Kampus Utama Unisba, Rabu (31/1). Kegiatan yang baru pertama kalinya digelar ini bertujuan untuk membangun konektivitas antara perguruan tinggi dengan masyarakat umum dalam bentuk produk inovasi, pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

Pameran karya sivitas akademika Unisba, baik dosen maupun mahasiswa ini merupakan bentuk sinergitas untuk mewujudkan visi Unisba sebagai Perguruan Tinggi Islam yang Mandiri, Maju, dan Terkemuka di Asia.

Baca juga : Peringatan 40 Tahun Fikom Unisba, Berkomitmen Meraih Akreditasi Unggul

RESVEX yang dilaksanakan LPPM Unisba setiap tahun, merupakan ajang pemberian apresiasi kepada para peneliti dan pengabdi terbaik, dan fakultas yang berkonsetrasi dalam penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

Kegiatan ini juga menjadi expo hasil penelitian dan pengabdian masyarakat. Dengan harapan keberhasilan yang telah diraih akan menjadi motivasi bagi seluruh dosen Unisba untuk melakukan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang bermanfaat untuk masyarakat bangsa dan negara.

Sementara College Life & University Expo (CLUE) merupakan sarana yang bertujuan untuk memperkenalkan lebih dalam mengenai kehidupan kampus dan program studi yang ada di Unisba. Selain itu, CLUE juga memberikan apresiasi kepada sekolah dan lembaga pendidikan yang telah bekerja sama dengan Unisba.

Baca juga : BEM Fikom Unisba Gelar Konser Fikom Festival 2023, Ajak Milenial Peduli Sampah

Apresiasi diwujudkan dalam bentuk pemberian penghargaan bagi guru khususnya guru Bimbingan Konseling (BK) dan peningkatan kompetensi guru berupa seminar.

CLUE juga memberikan kesempatan bagi masyarakat umum, khususnya siswa SMA, SMK dan Madrasah Aliyah Sederajat, untuk mengembangkan inovasi dan kreativitas siswa, yang diwujudkan dalam berbagai lomba kreativitas yang tetap memiliki nilai Islam di dalamnya sebagai karakter utama Unisba.

Kegiatan yang diikuti dosen, mahasiswa, tenaga kependidikan, UMKM binaaan Unisba, perguruan tinggi se-Bandung, masyarakat umum, dan perwakilan guru serta siswa SLTA/Sederajat ini juga meluncurkan Unit Pendamping Proses Produk Halal (UP3H), Observatorim Desa Wisata, dan Komite Etik.

Baca juga : Pasca-Ramadan, Rektor Universitas Islam Bandung Ajak Masyarakat Tingkatkan Amal Kebaikan

Di samping itu kegiatan ini juga diisi dengan pameran inovasi, pameran hasil PPKM, seminar pendidikan Mengelola Keuangan dari Perspektif Islam, dan seminar inovasi halal Kolaborasi dan Sinergi Membangun Bisnis Halal yang Inovatif.

Pada kesempatan ini diumumkan pula pemenang lomba LPPM antara lain penghargaan fakultas yang paling concern dan  inovatif dengan kegiatan penelitian, penghargaan fakultas yang paling concern dan inovatif dengan kegiatan PKM, penghargaan Fakultas dengan Sinta Score Tertinggi kategori Science dengan point 7.472, dan penghargaan Fakultas dengan Sinta Score Tertinggi kategori Sosial Humaniora dengan point 5.573.

Selain itu juga penghargaan Peneliti Pemula Terbaik, penghargaan Peneliti Utama Terbaik, penghargaan Pelaksana PKM Terbaik, penghargaan fakultas dengan Inovasi Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) Berbasis Nilai-Nilai Islam, lomba esai, lomba inovasi produk, dan lomba poster.  

Baca juga : Universitas Islam Bandung Tebar Santunan untuk Anak Yatim dan Duafa

Pada acara yang sama juga diumumkan pemenang lomba jingle Unisba yang diikuti siswa SMA/SMK/MA/Sederajat.

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Sugeng

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat