visitaaponce.com

Warga Padati Lokasi Operasi Pasar Beras SPHP di Kota Bandung

Warga Padati Lokasi Operasi Pasar Beras SPHP di Kota Bandung
Di operasi pasar murah ini warga bisa membeli beras berukuran 5 kilogram dengan harga Rp 53.000.(MI/Naviandri)

ANTREAN panjang terjadi di 3 lokasi di Kota Bandung, Provinsi Jawa Barat yang menggelar operasi pasar beras medium SPHP dan pasar murah, Senin (19/2).

Warga yang datang sejak pukul 6.30 WIB ke operasi pasar tersebut, tampak sabar menunggu giliran menuju tempat pembelian beras yang dijual dengan harga murah, pelaksanaan operasi pasar sendiri dimulai pukul 07.00 WIB.

Tiga lokasi yang menggelar operasi pasar beras dan pasar murah pada Senin (19/2),  di Kompleks Mustika Hegar, Kecamatan Buahbatu, di Kantor Kecamatan Ciburu dan di Taman Film yang ada di Kecamatan Bandung Wetan.

Baca juga : Pemkot Bandung Gelar Operasi Pasar Beras SPHP, Cek Jadwal dan Lokasinya

Di operasi pasar murah ini warga bisa membeli beras berukuran 5 kilogram dengan harga Rp 53.000. Syarat untuk bisa mendapatkan beras ini adalah cukup memperlihatkan KTP saja.

Selain membeli beras, warga yang datang juga membeli bahan pokok lainnya seperti minyak, telur. Ayam broiler, hingga cabai yang memang harganya sedang melonjak.Pasar murah yang diadakan Dinas Perindustrian dan  Perdagangan (Disdagin) Kota Bandung itu bekerjasama dengan Bulog.

Sumarni, 39, warga Kecamatan Cibiru yang ikut antre sejak pukul 06.40 WIB demi bisa membeli beras dengan harga dibawah harga pasar. Ia mengaku senang bisa membeli beras di operasi pasar beras ini.

Baca juga : Harga Beras Melejit, Pemkot Bandung Segera Adakan Operasi Pasar

"Alhamdulillah kebantu, sekarang harga beras di pasar Rp19 hingga Rp20 ribu per kilogram.  Di sini Rp53 ribu per lima kilogram," ujarnya.

Biasanya, kata Sumarni, harga beras medium di pasar tradisional paling mahal dikisaran Rp18 ribu per kilogram, tapi saat ini sudah diangka Rp20 ribu per kilogram. Ia berharap harga beras di pasaran segera turun.

"Kasihan masyarakat kecil, ini kan kebutuhan pokok," ujarnya.

Baca juga : Harga Beras belum Terkendali

Penjabat Wali Kota Bandung, Bambang Tirtoyuliono menyebut operasi pasar dan pasar murah ini merupakan upaya Pemkot Bandung menghadirkan pangan murah bagi masyarakat. Hal ini juga bertepatan dengan kenaikan harga beras yang kini dirasakan masyarakat.

"Masyarakat tidak perlu panik dan jangan membeli terlalu berlebihan, sebab stok beras SPHP di Gudang Bulog Kota Bandung masih tercukupi,"
ungkapnya.

Selain beras SPHP, berbagai komoditas juga dijual lewat kegiatan pasar murah, antara lain, Minyak Goreng Rp14.000/900 ml, Ayam Frozen Rp30.000/ekor, Bawang Merah Rp26.000/kg, Bawang Putih Rp34.000/kg. Sayuran serba Rp5.000, Daging Sapi Rp115.000/kg dan Telur Ayam Rp27.000/kg.

Baca juga : Atasi Mahalnya Harga Beras, Pemkot Bandung Dorong Beras SPHP Masuk Retail

Sebagai informasi, kegiatan Operasi Pasar Beras Medium SPHP dan Pasar Murah ini didukung oleh Bulog, Pertamina, Wilmar, CV Bagus, Distanhorti Provinsi Jawa Barat, Zibyfarm, Prima Freshmart, Petani Cabe, Triarta, SJU dan Toko Ritel Modern yang tergabung dalam DPC Aprindo Kota Bandung, yaitu Borma, Yogya Group, Lotte Grosir, Superindo, Prama, Lotte Mart, Transmart, Hypermart, Hyfresh, Yomart, Alfamart, Indomaret dan Amanda Mart.

Kegiatan Pasar Murah terbuka untuk umum, tetapi untuk Operasi Pasar Beras Medium Wargi Bandung diwajibkan menunjukan KTP sesuai dengan domisili Kecamatan pelaksanaan.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai jadwal kegiatan Operasi Pasar Beras Medium SPHP dan Pasar Murah, anda bisa langsung memantaunya melalui instagram @bdg.perdaganganindustri atau @humas_bandung. (Z-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat